Perkuat Kordinasi dan Sinergitas, Pengurus FPK periode 2024-2026 Kunjungan Silahturahmi ke Kesbangpol Kota Palangkaraya

 Perkuat Kordinasi dan Sinergitas, Pengurus FPK periode 2024-2026 Kunjungan Silahturahmi ke Kesbangpol Kota Palangkaraya

FOTO: Pertemuan Silahturahmi Pengurus FPK periode 2024-2026 dengan Kesbangpol Kota Palangkaraya, Senin (01/04/2024) pagi.

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – Dalam rangka mempererat silahturahmi, koordinasi dan sinergitas antar pihak, maka Dewan pembina, pengurus dan sejumlah anggota Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kota Palangkaraya periode 2024-2026 yang baru saja dikukuhkan, melaksanakan kunjungan silahturahmi dan audiensi ke Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Palangkaraya,Senin (01/04/2024) pagi.

Untuk diketahui, Kepengurusan FPK Kota Palangkaraya  periode 2024-2026 ini dikukuhkan melalui SK Walikota Nomor 188.45/52/2024 tanggal 8 Januari 2024 tentang Pembentukan Susunan Dewan Pembina, Pengurus Keanggotaan dan Sekretariat Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kota Palangkaraya periode 2024-2026.

Pada pertemuan yang berlangsung di Aula Kesbangpol Kota Palangkaraya ini, tampak dihadiri oleh Ketua FPK periode 2024-2026, Prof. Dr. Andrie Elia Embang, SE., M.Si., beserta rombongan yang disambut baik oleh Kepala Kesbangpol Kota Palangkaraya, Boy Yepthanius beserta jajaran.

Kepala Kesbangpol Kota Palangkaraya, Boy Yepthanius menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan pertemuan silahturahmi dan audiensi hari ini.

Menurutnya, pertemuan hari ini dinilai sangat penting, mengingat agenda di tahun 2024, dirasa cukup padat, dimana salah satunya kita akan menghadapi pemilhan kepala daerah  atau pemilihan walikota (Pilwakot) tahun 2024.

“Keberadaan FPK Kota Palangkaraya di tengah-tengah masyarakat memiliki nilai strategis. Salah satunya, yakni untuk memper-erat kerukunan persatuan dan kesatuan lintas suku, dalam rangka turut mensuksesi Pilkada 2024 nanti,” ujar Kepala Kesbangpol Kota Palangkaraaya.

Boy juga menyebutkan keanggotaan FPK Kota Palangkaraya ini terdiri dari perwakilan dari sejumlah paguyuban suku di Indonesia yang ada di wilayah Kota Palangkaraya ini.

Selain itu, Dirinya pun menginformasikan, salah satu agenda penting yang akan dilaksanakan bersama pada momen Hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 2024 mendatang, pihaknya akan menyelenggarakan ‘Ikrar Anak Bangsa’.

“Pada kegiatan tersebut, Kota Palangkaraya akan menjadi tuan rumah kegiatan. Dimana, nanti rencanaya perwakilan pemuda dari berbagai daerah di Indonesia akan berkumpul di Kota Palangkaraya guna melaksanakan upacara, merefleksikan perjuangan kaum pemuda dan melakukan pengucapan ikrar sumpah pemuda,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua FPK periode 2024-2026, Prof. Dr. Andrie Elia Embang, SE., M.Si., menyampaikan Forum Pembauran Kebangsaan ini terbentuk atas amanat undang-undang. Dimana, keanggotaanya terdiri atas perwakilan paguyuban suku di Indonesia yang ada di wilayah Kota Palangkaraya.

“Kedudukan dan peran FPK Kota Palangkaraya memiliki andil penting, terutama turut menjaga situasi kondisi Kamtibmas di tengah-tengah masyarakat, dalam rangka mewujudkan ketahanan bangsa,” kata dia.

Lanjut Prof. Andrie Elia mengatakan seluruh kegiatan yang dilaksanakan oleh Forum Pembauran Kebangsaan selalu mengikuti agenda nasional, seperti hari-hari besar keagamaan, termasuk turut serta mengamankan kondisi Kamtibmas selama bulan Ramadhan 1445H ini, serta event hari-hari besar keagamaan lainnya juga.

“Forum ini juga memiliki tujuan yang sangat penting, yakni untuk mendukung upaya kita bersama untuk menanamkan dan mempertahankan faham wawasan kebangsaan dan bernegara,” katanya menambahkan.

ia berharap kedepan forum ini dapat menjadi garda terdepan dalam menyebarluaskan faham wawasan kebangsaan, dari wilayah perkotaan sampai ke perdesaan.

“Menjadi salah satu tugas pokok dari forum ini, yakni menangkal berbagai isu yang bersifat negatif, terutama isu-isu yang berpotensi untuk memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.” tandasnya. (YS)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!