“Mantap” Rektor UPR Prof Salampak Ikuti Program Peningkatan Kapasitas Kepemimpinan Perguruan Tinggi di Seoul National University (SNU) Korea Selatan

 “Mantap” Rektor UPR Prof Salampak Ikuti Program Peningkatan Kapasitas Kepemimpinan Perguruan Tinggi di Seoul National University (SNU) Korea Selatan

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – Dari 17 Rektor Perguruan Tinggi di Indonesia yang terpilih untuk mengikuti program Peningkatan Kapasitas Kepemimpinan Perguruan Tinggi (PKKPT) di Seoul National University (SNU) Korea Selatan, salah satunya adalah Rektor Universitas Palangka Raya (UPR) Prof. Dr. Ir. Salampak, M.S.

Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 22 April sampai dengan 28 April 2024 tersebut melibatkan banyak mitra dibidang industry dan perusahaan diantaranya Samsung, Lotte, LG dan Naver yang berbasis di Seoul.

Rektor Universitas Palangka Raya, Prof. Dr. Ir. Salampak, M.S, menyampaikan harapannya melalui program PKKPT ini  diharapkan bisa mendapatkan suatu pelajaran, serta knowledge yang akan diterapkan nantinya di Universitas Palangka Raya.

“Disisi lain, saya juga berharap dapat menginisiasi kerjasama dengan mitra yang ada di Seoul National University (SNU) untuk membawa Universitas Palangka Raya menuju Universitas Palangka Raya yang unggul berkarakter dan berkelas dunia,” kata Prof. Salampak, Rabu (24/4/2024).

Dikesempatan yang sama, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Prof. Dr. Abdul Haris, M.Sc, menyampaikan bahwa dengan program ini diharapkan para rektor akan meningkat kapasitasnya guna menciptakan awareness tentang perguruan tinggi.

“Juga harus memiliki kemampuan enterprenuer dan kemampuan untuk berinovasi dalam menghasilkan pendapatan (revenue). Sehingga, ketika pada saatnya nanti PTN-PTN sudah bertransformasi menjadi PTN BH, maka sudah bisa lebih mandiri dan fleksibel dalam menjalankan program sesuai dengan kemampuan dan sumber daya yang mengarah pada meningkatnya reputasi dan pendapatan,” kata Prof.Abdul Haris.

Diketahui bahwa Program PKKPT merupakan program perdana Kemendikbudristek melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi (Ristekdikti) bekerjasama dengan Seoul National University (SNU) dengan Insitut Pertanian Bogor (IPB) sebagai pelaksana program.

PKKT diselenggarakan dengan tujuan meningkatkan kapasitas rektor melalui pendekatan berkelanjutan terhadap good coorporate governance, pembelajaran, penelitian, kontribusi pada kehidupan masyarakat serta peningkatan berkelanjutan dalam membangun relasi dan jaringan dengan pemangku kepentingan. (YS)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!