H-3 Lebaran Idul Fitri 1445 H, Terpantau Aktivitas Pemudik melalui Pelabuhan Bahaur Meningkat 

 H-3 Lebaran Idul Fitri 1445 H, Terpantau Aktivitas Pemudik melalui Pelabuhan Bahaur Meningkat 

Foto – (Istimewa) Pj. Bupati Nunu Andriani bersama pihak terkait tengah memantau para pemudik di Kapal Feri Drajat, Bahaur, Kahayan Kuala, Pulang Pisau.

PULANG PISAU, Kaltengnews.co.id – Beberapa kebiasaan dan budaya sejumlah warga muslim Indonesia menjelang Hari Lebaran adalah melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman untuk bertemu, berkumpul bersama-sama sanak keluarga dan orang tua. Momen itu juga tak luput terjadi disekitar kita, seperti keramaian warga yang mulai melakukan mudik dari wilayah Pulang Pisau, di Dermaga Pelabuhan Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Sunan Drajat atau Kapal feri antar pulau Kalimantan dan pulau Jawa yakni Paciran (Lamongan) – Bahaur (Pulang Pisau).

Penjabat (Pj) Bupati pulang Nunu Andriani didampingi personil gabungan dari Dishub, TNI, Polri serta OPD terkait, turun langsung meninjau arus pemudik di Pelabuhan Feri penyeberangan Bahaur, Kecamatan Kahayan Kuala itu, untuk memastikan keamanan, kenyamanan, dan keselamatan para penumpang KMP Drajat saat arus mudik berlangsung.

“Iya, kita memantau sekaligus mengecek arus mudik penumpang di jalur laut di Pelabuhan Feri Bahaur dengan harapan berjalan lancar, sehingga dapat bertemu dengan sanak famili di lebaran ini,” ucap Nunu sapaan akrab Pj Bupati Pulang Pisau kepada wartawan, Minggu (07/04/2024).

Ia menyebut, dari hasil pemantauan dan pengecekan kondisi kapal dalam kondisi baik, arus mudik penumpang baik roda dua (R2) maupun roda empat (R4) relatif terkendali.

“Disitu kita lakukan juga proses pengecekan kapasitas penumpang secara ketat untuk mencegah over kapasitas, karena keselamatan lebih kita utamakan agar seluruh penumpang sampai ke tempat tujuan,” ujar Nunu.

Saat memantau di lokasi pelabuhan, kondisi arus mudik cukup lancar, aman, tertib serta terkendali.

Hal itu, tentu berkat kerjasama yang solid oleh para pihak agar perjalanan mudik sebagai momen yang menyenangkan bagi para penumpang.

“Kiranya para warga setempat yang mulai melakukan perjalanan mudik ini, dapat berhati-hati di sepanjang perjalanan agar sampai dengan selamat hingga tujuan, dan tentunya bagi para pengendara kendaraan pribadi apabila merasa lelah dan mengantuk untuk segera berhenti sejenak beristirahat tanpa memaksakan kondisinya, mengingat keselamatan diri sendiri dan keluarga adalah hal yang paling utama,” pesan Nunu Andriani. (Denny)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!