Bentuk Poros Baru, Gerindra – NasDem Siap Berkoalisi dalam PILGUB Kalteng 2024

 Bentuk Poros Baru, Gerindra – NasDem Siap Berkoalisi dalam PILGUB Kalteng 2024

Bentuk Poros Baru, Gerindra – NasDem Siap Berkoalisi dalam PILGUB Kalteng 2024

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – Kontestasi pemilihan gubernur (Pilgub) Kalimantan Tengah (Kalteng) tahun 2024 ini dipastikan akan berjalan semakin sengit (ketat/seru, red).

Pasalnya, Partai NasDem dan Partai Gerindra Kalimantan Tengah sama-sama siap berkoalisi untuk membentuk poros baru, pada kontestasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2024 nanti.

Demikian hal ini disampaikan oleh Ketua DPW Partai NasDem Kalteng, Faridawaty Darland Atjeh saat bertandang ke kantor DPD Partai Gerindra untuk mendaftar PILGUB Kalteng tahun 2024, Minggu (28/04/2024) siang, di kantor DPD Partai Gerindra Kalteng, Jalan Sethadji, Kota Palangkaraya,

Untuk diketahui, DPW Partai NasDem Kalteng maupun DPD Partai Gerindra Kalteng, saat ini keduanya sama-sama telah membuka pendaftaran penjaringan bakal calon (Bacalon) Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, baik itu untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur, pemilihan bupati dan wakil bupati, serta pemilihan walikota dan wakil walikota.

Faridawaty Darland Atjeh yang juga Wakil Ketua III DPRD Kalteng ini mengatakan berdasarkan hasil Pileg (pemilihan legislatif) tahun 2024 yang baru saja dilalui, maka diketahui bahwa jumlah perolehan kursi DPRD Kalteng dari Partai Gerindra ada 6 kursi dan Partai NasDem ada 5 kursi.

Jika, keduanya bisa berkoalisi sehingga menjadi 11 kursi, maka dapat mengusung figur Bacalon Gubernur dan Wakil Gubernur-nya sendiri, atau dapat membentuk poros baru dalam Pilgub 2024 nanti.

“Hal ini juga sebagai upaya mencontoh sikap kenegarawanan dari sejumlah tokoh nasional, yakni Presiden terpilih bapak Prabowo Subianto (Ketua Umum Partai Gerindra, red) yang telah melakukan konsolidasi dengan bapak Surya Paloh (Ketua Umum Partai NasDem, red) paska pemilihan presiden kemarin, demi terwujudnya pemerintahan yang lebih maju kedepannya,” ujar Faridawaty, MInggu (28/04/2024).

Lanjut Faridawaty mengatakan bahwa pihaknya siap memberikan dukungan kepada siapapun figur Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur yang akan diusung dari hasil kesepakatan dan pembicaraan bersama dalam koalisi nanti.

“Mengingat, jumlah perolehan Partai Gerindra di DPRD Kalteng ada 6 kursi, dan Partai NasDem ada 5 kursi, maka yang lebih berhak untuk menentukan siapa figur Calon Gubernur adalah partai Gerindra, dan Wakilnya dari NasDem, ataupun partai NasDem siap memberikan dukungan sesuai dengan hasil pembicaraan bersama nanti,” ujarnya lagi.

Faridawaty menambahkan memang saat ini untuk figur pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang akan diusung masih belum ditentukan, namun demikian pihaknya (NasDem Kalteng, red) siap membuka pintu koalisi dengan partai Gerindra Kalteng pada Pilgub 2024 nanti.

Ia pun berharap kepada Ketua DPD Partai Gerindra, H. Iwan Kurniawan dapat melakukan kunjungan balasan ke kantor DPW Partai NasDem Kalteng untuk mendaftarkan diri di Pilgub 2024 nanti.

Diharapkan, nanti ada juga kader partai Gerindra yang lainnya yang bisa mendaftar penjaringan Bacalon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah melalui DPW Partai NasDem Kalteng.

“Sementara ini, kita sama-sama masih menunggu dan melihat dinamika kedepan. Kalaupun memang tidak ada lagi figur yang mendaftar, maka saya pun tidak menutup kemungkinan untuk maju bersama, dengan H. Iwan Kurniawan sebagai pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng,” kata dia sembari tersenyum.

Sementara itu di tempat yang sama, Ketua DPD Partai Gerindra Kalteng, H. Iwan Kurniawan menyampaikan ucapan terima kasih atas kedatangan Ketua DPW Partai NasDem Kalteng Faridawaty Darland Atjeh beserta rombongan ke kantor DPD Partai Gerindra Kalteng untuk mendaftarkan diri di Pilgub 2024.

Ia mengatakan pendaftaran penjaringan Bacalon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah di DPD Partai Gerindra, dibuka sejak tanggal 25 April 2024 kemarin, dan hari ini baru ada 1 (satu) calon yang mendaftar PILGUB 2024, yakni Faridawaty Darland Atjeh selaku Ketua DPW Partai NasDem Kalteng.

“Yang pasti, kami sangat merasa tersanjung atas kunjungan dari kawan-kawan DPW Partai NasDem ke DPD Partai Gerindra karena telah melakukan kunjungan silahturahmi,” ujarnya.

H. Iwan mengatakan bahwa pihaknya sampai sekarang ini masih membuka pendaftaran penjaringan Bacalon Kepala Daerah dan Wakil Daerah.

Pihaknya pun sangat mengapresiasi serta menyambut baik adanya gagasan koalisi dari DPW Partai NasDem Kalteng untuk membentuk poros baru dalam Pilgub 2024 mendatang.

“Kita akan menunggu dan melihat siapapun figur yang lebih potensial yang ingin mendaftarkan diri. Namun, apabila memang tidak ada lagi, maka kami pun siap untuk maju berkontestasi pada Pilgub Kalteng 2024 nanti,” pungkasnya. (YS)

 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!