Up Skill Kewirausahaan Digital, FISIP UPR Gandeng BPSDMP-Kominfo Banjarmasin Gelar Kuliah Umum DEA

 Up Skill Kewirausahaan Digital, FISIP UPR Gandeng BPSDMP-Kominfo Banjarmasin Gelar Kuliah Umum DEA

FOTO: Kegiatan Kuliah Umum Digital Enterpreunership Akademi (DEA), Kamis (21/03/2024) pagi, di Aula Rahan, lantai 2 Gedung Rektorat UPR.

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP-Kominfo) Banjarmasin bekerjasama dengan FISIP Universitas Palangka Raya (UPR) melaksanakan kuliah umum Digital Enterpreunership Akademi (DEA), Kamis (21/03/2024) pagi, di Aula Rahan, lantai 2 Gedung Rektorat UPR.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari, mulai tanggal 21 sampai 22 Maret 2024 yang diikuti oleh peserta yang berasal dari mahasiswa berbagai jurusan di lingkup Universitas Palangka Raya, dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan bagi seluruh peserta, terkait pemanfaatan platform digital atau media sosial untuk pengembangan kewirausahaan.

Saat diwawancarai redaksi Kaltengnews.co.id, Dekan FISIP UPR Bhayu Rhama, S.T., M.B.A., Ph.D., menyampaikan kegiatan ini terlaksana atas kerjasama antar FISIP UPR dengan BPSDMP-Kominfo Banjarmasin, terkait mata kuliah kewirausahaan, dalam rangka Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM).

“Saya sendiri sudah melaksanakan kerjasama ini sejak tahun 2021 lalu, dan ini kita kembangkan bagaimana di Universitas Palangka Raya, khususnya FISIP UPR juga dapat menjalin kerjasama dengan kawan-kawan dari BPSDMP-Kominfo Banjarmasin, dalam berbagai kegiatan” ujarnya.

Lanjut Bhayu menuturkan, kerjasama tidak hanya sampai di sini, tapi nanti setelah puasa, pihaknya juga akan melakukan kerjasama dengan BPSDMP-Kominfo Banjarmasin, khususnya untuk FISIP UPR.

“Kami juga berencana akan melaksanakan kelas, untuk 300 mahasiswa FISIP UPR, selama 2 hari. Itu setara dengan 16 jam pelajaran,” ujarnya lagi.

Bhayu menambahkan, melalui kegiatan ini seluruh peserta akan diajarkan bagaimana mempersiapkan unit usaha, sekaligus pula mempersiapkan peserta agar bisa memiliki Nomor Induk Berusaha atau NIB yang merupakan salah persyaratan untuk memulai suatu usaha.

Sementara itu, mewakili BPSDMP-Kominfo Banjarmasin, Rachma Ainun Nikmah mengatakan sebagaimana menjadi tugas dari BPSDMP-Kominfo Banjarmasin, yakni salah satunya untuk meng-up skill atau mengembangkan skill di bidang digital, khususnya dalam hal ini untuk pemanfaatan platform media sosial untuk kewirausahaan.

“Khususnya untuk kegiatan hari ini, tujuannya yakni untuk memberikan pengetahuan dan wawasan bagi seluruh peserta kegiatan mengenai kewirausahaan melalui platform digital seperti media sosial dan lain sebagainya” kata Rachma.

Adapun output yang diinginkan dalam kegiatan tersebut yakni bagaimana mengubah mind side atau pola pikir mahasiswa, untuk tidak selalu berpikir setelah lulus menjadi ASN, tapi juga membuka suatu usaha sekaligus pula diharapkan dapat membuka lapangan pekerjaan. (YS)

 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!