Sektor Peternakan di Kalteng Perlu Dimaksimalkan

 Sektor Peternakan di Kalteng Perlu Dimaksimalkan

FOTO : Anggota Komisi II DPRD Kalteng Bidang SDA dan Perekonomian, Ina Prayawati.

 

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – Kalangan DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) meminta seraya mendorong pemerintah daerah (Pemda) baik itu pemerintah provinsi, kabupaten maupun kota di Kalimantan Tengah agar lebih memaksimalkan pengembangan sektor peternakan. Demikian hal itu disampaikan oleh Anggota Komisi II DPRD Kalteng Bidang SDA dan Perekonomian, Ina Prayawati.

“Sektor peternakan, jika dapat dikembangkan secara maksimal maka bisa menjadi salah satu sektor unggulan di Kalimantan Tengah, sebab daerah ini memiliki sumber daya alam (SDA) yang tergolong melimpah untuk ketersediaan pakan,”ujarnya, Jumat (08/03/2024).

Lanjut Politisi Perempuan PDI-P Kalteng ini juga mengatakan bahwasanya di wilayah Bumi Tambun Bungai ini, menyimpan potensi sektor peternakan yang sangat luar biasa.

“Kalteng perlu mengembangkan sektor peternakan yang lebih besar sangat menjanjikan, karena masih banyak lahan yang cukup luas untuk dimanfaatkan, juga kita disini didukung SDA yang memadai,”ujarnya lagi.

Srikandi DPRD Kalteng ini menyebutkan bahwa Kalteng perlu banyak belajar dari provinsi lain yang tergolong sukses dalam mengembangkan sektor peternakan seperti salah satunya Kalimantan Selatan (Kalsel).

“Di daerah itu pengembangan sektor peternakan dilakukan secara maksimal, bahkan sinergitas antara pemda setempat dan masyarakat juga terjalin dengan sangat baik. Di sana pemda dan masyarakatnya saling bersinergi dalam mengembangkan sektor tersebut, mereka saling mendukung. Ini yang harusnya bisa diimplementasi di Kalimantan Tengah ini,”kata dia menambahkan.

Dirinya kembali menyampaikan terlebih lagi Kalimantan Tengah sendiri, dari segi geografis hampir sama dengan Kalsel, dan itu tinggal bagaimana pemda di Kalteng ini bisa memanfaatkannya dengan dan merangkul masyarakat untuk bekerjasama mengembangkan sektor tersebut terutama mereka yang sudah memiliki ternak.

“Pemda di Kalteng ini harus bisa mendukung itu, seperti halnya membimbing peternak, memberikan bantuan bibit, dan menyediakan lahan pasar untuk hasil peternakan tersebut. Dengan adanya dorongan atau dukungan dari pemda di provinsi ini, maka harapannya peternakan di Kalteng bisa menjadi salah satu sektor unggulan dan juga dapat mewujudkan Kalteng menjadi salah satu lumbung pangan nasional, selain dari sektor pertanian dan lainnya.” tandas Ina Prayawati. (YS)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!