Revitalisasi Administrasi Desa, Pemerintah Galakkan Aplikasi SIAPDes

 Revitalisasi Administrasi Desa, Pemerintah Galakkan Aplikasi SIAPDes

FOTO: sesi foto bersama dalam kegiatan pelatihan SIAPDes Se-Kalteng, Senin (04/03/2024)

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – Staf Ahli (Sahli) Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Herson Aden, mengharapkan agar Sistem Informasi dan Administrasi Pemerintahan Desa (SIAPDes) dapat menjadi terobosan berbasis digital dalam hal menertibkan administrasi desa dan memberikan informasi terkait desa yang dapat diakses masyarakat luas.

Menurutnya, selama ini mengenai administrasi dan informasi tentang desa masih belum terinventarisir dengan baik. Sehingga dengan aplikasi ini, semua data tersimpan dan tercatat serta dapat diakses untuk diketahui informasinya.

“Selama inikan tidak tersuktur dengan baik, data yang bersifat kependudukan, data aset maupun keuangan dengan SIAPdes dapat tersimpan dengan baik, ” ujarnya, Senin (04/03/2024).

Pengembang dalam aplikasi ini nanti akan membuat aplikasi berbasis web yang mana itu akan diisi oleh admin desa dan aplikasi berbasis app store, sehingga dengan android saja, masyarakat dapat melihat dan mengentahui semua infromasi desa.

“Diaplikasi ini nanti akan ada kepala dinas bahkan gubernur sendiri dapat mengakses,” ujar dia lagi.

Herson menambahkan terkait bank tanah desa dan tanah di desa, tidak hanya menampilkan nama pemilik saja nanti, melainkan berbasis data spasial sehingga tidak terjadi tumpang tindih antar tanah masyarakat maupun desa tetangganya.

“Basis data spasial merupakan kumpulan dari tipe data spasial, operator, indice, strategi pemrosesan dan masih banyak lagi. Jadi ada titik koordinatnya,” pungkasnya.

Sekedar untuk informasi, terkait desa di Kalteng yang masih belum terjangkau oleh listrik maupun internet maka aplikasi SIAPDes ini nanti akan diisi secara offline atau diinput di kecamatan terdekat.

Wartawan: Maria Sabatiani

Editor: Yundhy Satrya 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!