Mudik Gratis Berkah untuk Mahasiswa Kalteng, Ini Tata Cara Pendaftarannya

 Mudik Gratis Berkah untuk Mahasiswa Kalteng, Ini Tata Cara Pendaftarannya

Alur pendaftaran “Progam Mudik Gratis Berkah” bagi mahasiswa Kalteng

Palangka Raya, Kaltengnews.co.id – Dalam rangka menyambut momen Lebaran 2024 M/1445 H, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Kalteng menyelenggarakan program “Mudik Gratis Berkah” yang dikhususkan bagi mahasiswa Kalteng. Program ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mudik dengan aman dan berkesan.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kalteng, Muhammad Reza Prabowo, menyatakan, “Program ‘Mudik Gratis Berkah’ ini merupakan salah satu bentuk dukungan Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran untuk memudahkan perjalanan pulang kampung mahasiswa Kalteng dalam menyambut Lebaran.

Alur pendaftaran “Progam Mudik Gratis Berkah” bagi mahasiswa Kalteng

“Harapannya program ini dapat memberikan pengalaman mudik yang nyaman dan bermakna bagi mahasiswa,” ucap Reza, Jumat (29/3/2024).

Ia menambahkan, Penyelenggaraan program mudik gratis ini adalah bentuk nyata perhatian dari Pemprov Kalteng terhadap mahasiswa Kalteng. Lanjutnya, para mahasiswa yang ingin bergabung dalam program ini dapat mengikuti keberangkatan yang dijadwalkan pada tanggal 6 April 2024, dimulai pukul 07.00 WIB di halaman kantor Dinas Pendidikan Kalteng, pendaftaran dan verifikasi penumpang dapat dilakukan paling lambat tanggal 4 April 2024.

Ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan oleh peserta, seperti penggunaan satu kursi per orang dengan bagasi maksimal berupa satu tas ransel dan satu koper. Mereka juga diharapkan membawa obat-obatan pribadi jika diperlukan selama perjalanan.

“Selain menawarkan perjalanan gratis, pemerintah Kalteng, juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang ingin membeli beras 10 KG premium bersubsidi dengan harga spesial Rp. 20.000,” ujarnya.

Sebagai informasi, Program “Mudik Gratis Berkah” memiliki tiga jalur rute yang mencakup berbagai wilayah di Kalimantan Tengah, yaitu jalur rute 1 untuk wilayah barat, Katingan, Kotim, Seruyan, Lamandau, Sukamara.

Alur pendaftaran “Progam Mudik Gratis Berkah” bagi mahasiswa Kalteng

Selanjutnya, Jalur rute 2 untuk wilayah timur, Barsel, Bartim, Barut, dan Mura. Jalur rute 3 untuk wilayah tengah, pulpis, gunung mas, kapuas. Penumpang akan diantar hingga pool bus masing-masing terminal kabupaten tujuan, kecuali untuk kabupaten Seruyan yang akan diturunkan di Simpang Hanau.

Ia juga menjelaskan, pendaftaran untuk program ini dapat dilakukan melalui tautan yang tersedia dengan syarat bahwa peserta harus merupakan mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di Universitas Kalimantan Tengah. Informasi lebih lanjut dapat diperoleh dengan menghubungi kontak yang tersedia untuk masing-masing rute, seperti Jeck (0822 5302 5013) untuk rute 1, Tasya (0881 0220 88211) untuk rute 2, dan Erly 0822 5615 1540 untuk rute 3.

“Program “Mudik Gratis Berkah” ini menjadi salah satu upaya Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran untuk mendukung mobilitas mahasiswa serta mempererat ikatan emosional mereka dengan keluarga dan tanah kelahiran saat momen Lebaran,” pungkasnya.

Wartawan: Maria Sabatiani

Editor: Yundhi Satrya

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!