Manfaatkan ‘E-commerce’ untuk Mempromosikan UMKM Lokal

 Manfaatkan ‘E-commerce’ untuk Mempromosikan UMKM Lokal

FOTO : Srikandi Dewan provinsi dari Fraksi PDI-P DPRD Kalteng, Ina Prayawati.

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – Kalangan DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mendorong para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lokal di wilayah Bumi Tambun Bungai ini agar dapat memanfaatkan fasilitas ‘E-Commerce‘ atau market digital guna memaksimalkan pemasaran produk olahannya. Demikikian hal tersebut diutarakan oleh Srikandi Dewan provinsi dari Fraksi PDI-P DPRD Kalteng, Ina Prayawati, Selasa (26/03/2024).

“Teknologi informasi saat ini telah berkembang dengan sangat pesat. Salah satunya yakni tersedianya market digital atau E-commerce. Di mana tujuan dari adanya E-commerce ini, yakni tidak lain untuk membantu dan memudahkan para pelaku usaha dan UMKM guna menjangkau konsumen secara lebih luas,” ujarnya.

Lanjut Anggota Komisi II DPRD Kalteng ini juga meminta kepada pemerintah daerah (Pemda) setempat melalui instansi dinas teknis bersama stakeholder terkait lainnya agar bisa membuat program pelatihan, terkait upaya pemasaran produk melalui market digital kepada para pelaku usaha dan UMKM.

“Karena mengingat, masih banyak pelaku UMKM yang belum memahami pemanfaatan fasilitas E-Commerce, baik dari proses penjualan, keuntungan hingga proses pengiriman produk.”

“Banyak pelaku usaha yang belum memanfaatkan fasilitas E-Commerce, sehingga perlu adanya pelatihan-pelatihan serta dorongan dari Pemerintah agar pemanfaatan fasilitas E-Commerce dapat di implementasikan secara maksimal. Apabila hal ini tidak diimplementasikan, maka yang perlu dikhawatirkan adalah pelaku UMKM di kalteng semakin tertinggal dalam persaingan di era globalisasi.” tandasnya. (YS)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!