Ketersediaan Stok Barang Jelang Bulan Suci Ramadan Dan Idul Fitiri Perlu Dilakukan Antisipasi

 Ketersediaan Stok Barang Jelang Bulan Suci Ramadan Dan Idul Fitiri Perlu Dilakukan Antisipasi

FOTO : Pj Bupati Katingan, Saiful, saat membuka kegiatan High Level Meeting TPID di Aula Bappedalitbang setempat.

 

KALTENGNEWS.CO.ID – KASONGAN – Pj Bupati Katingan Saiful, saat membuka secara resmi Kegiatan High Level Meeting Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Katingan tahun 2024 di Aula Bappedalitbang Kabupaten Katingan, Jumat 1 Maret 2024.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Asisten Perekenomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Katingan, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalteng, Forum Kordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Katingan dan Kepala BMKG Kelas I Tjilik Riwut Palangka Raya.

Kemudian dihadiri dari Pimpinan wilayah Perum BULOG Kantor Wilayah Kalteng, Kepala PT. Pertamina (Persero) Wilayah Kalteng, Kepala Biro Perekonomian Kalteng, Asisten Perekenomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Katingan, dan Staf Ahli Sekretariat Daerah Kabupaten Katingan, Kepala Dinas/Badan, Kepala Bagian dan Para Camat lingkup Pemerintah Daerah dan Anggota TPID Kabupaten Katingan serta Pengusaha Peternak, Perikanan, Agen Beras.

Pj Bupati Katingan Saiful, mengatakan berdasarkan data perkembangan harga pangan sampai minggu ke-3 Bulan Februari 2024 yang diinput ke aplikasi SP2KP oleh Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Katingan perlu ada perhatian khusus pada komoditas beras, daging ayam dan cabai rawit yang yang dalam beberapa minggu telah mengalami kenaikan.

Menyikapi kondisi tersebut, menurutnya diperlukan kesiapan Pemerintah Daerah bersama pihak terkait baik di tingkat Kabupaten, Provinsi serta lintas Instansi dalam mengantisipasi ketersediaan stok barang menghadapi Bulan Suci Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 di tengah meningkatnya aktivitas dan mobilitas masyarakat.

“Beberapa saat lagi kita akan memasuki Bulan Suci Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri. Untuk itu semoga High Level Meeting TPID pada kesempatan hari ini dapat menghasilkan rekomendasi, kebijakan dan solusi berbagai permasalahan dalam pengendalian inflasi di Kabupaten Katingan,”jelas Pj Bupati Saiful.

Sehingga hal ini diperlukan sinergitas TPID dengan Pihak terkait sangat di perlukan khususnya dalam upaya dan langkah kongkret untuk menjaga ketersediaan, stabilisasi harga, kelancaran distribusi serta keterjangkauan harga bahan pangan pokok strategis di Kabupaten Katingan. Kalaupun harga naik, kenaikannya tidak terlalu tinggi supaya tidak mempengaruhi kenaikan komoditas lainnya.

“Dengan adanya kegiatan TPID ini, saya kembali berharap akan menghasilkan langkah-langkah konkrit yang dapat mengoptimalkan pengendalian inflasi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan,” pungkasnya. (AS)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!