Tomy Diran Berharap Elektrifikasi dapat Menjangkau Daerah Pelosok Kalteng

 Tomy Diran Berharap Elektrifikasi dapat Menjangkau Daerah Pelosok Kalteng

FOTO: Sekretaris Komisi IV DPRD Kalteng, Tomy Irawan Diran.

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – Sekretaris Komisi IV DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) Tomy Irawan Diran mendorong pemerataan akses listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) di pelosok daerah guna mendukung tercapainya rasio elektrifikasi 100  persen.

Menurutnya, pemerataan tersebut untuk mewujudkan keadilian pembangunan serta menjawab harapan dan aspirasi masyarakat di daerah pelosok, yang terus menyuarakan adanya jaringan listrik dari PLN masuk ke wilayah meraka.

“Pemerataan jaringan listrik ini, terutama untuk menjangkau desa-desa di daerah pelosok harus dijadikan komitmen sehingga diharapkan seluruh wilayah Kalteng bisa merasakan penerangan,” katanya, Sabtu (24/02/2024).

Desakan tersebut tentunya beralasan, karena sekarang ini hampir semua aktivitas baik sosial, ekonomi, hingga pendidikan sangat bergantung pada aliran listrik. Sehingga dilatarbelakangi tuntutan tersebut, pembangunan jaringan listrik dapat dikatakan tidak sekadar pemerataan saja.

Lanjut Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini mengakui, bahwa lokasi desa yang berada di wilayah pelosok menjadi tantangan tersendiri dalam menghadirkan akses listrik ini. Salah satunya akibat minimnya infrastruktur jalan yang memadai, sehingga turut berdampak terhadap percepatan pemerataan jaringan listrik itu sendiri.

“Tapi, memang kalau PLN serius melaksanakan programnya, maka permasalahan infrastruktur dan sulitnya akses antardaerah tersebut tidak akan menjadi penghambat,” ujarnya.

Di sisi lain, ia juga mengharapkan pemerintah daerah provinsi, kabupaten dan kota dapat memberi dukungan, terutamanya dari sisi pembangunan infrastruktur jalan dan membuka akses antar daerah sehingga kegiatan pemerataan jaringan kelistrikan bisa lebih cepat terlaksana.

“Saya yakin PLN sudah punya konsep, apa saja programnya supaya pemerataan ini tercapai. Pasti inikan mendapatkan dukungan pemerintah, sehingga bisa terpenuhi,” tandasnya.

Wartawan: Maria Sabatiani

Editor: Yundhy Satrya 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!