Sejalan dengan Pertumbuhan Ekonomi Nasional, Darmanysah: Ekonomi Kalteng dan Kaltim Tumbuh Lebih Tinggi se-Regional Kalimantan  

 Sejalan dengan Pertumbuhan Ekonomi Nasional, Darmanysah: Ekonomi Kalteng dan Kaltim Tumbuh Lebih Tinggi se-Regional Kalimantan  

FOTO: Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 9 Kalimantan, Darmansyah.

BALI, Kaltengnews.co.id – Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 9 Kalimantan, Darmansyah menyampaikan perekonomian regional Kalimantan tercatat tumbuh positif pada Tahun 2023, sejalan dengan pertumbuhan ekonomi Nasional.

“Kontribusi PDRB Regional Kalimantan terhadap PDB nasional mencapai 8,49 persen. Kontribusi ini menempati posisi ketiga setelah Sumatera sebesar 22,01 persen dan Jawa yang mencapai 57,05 persen,” ujar Darmansyah, pada kegiatan Media Update dan Media Talk,  Jumat (16/02/2024) di Bali.

Darmansyah menguraikan pada TW 4 2023, ekonomi di Kalteng dan Kaltim tumbuh lebih tinggi bila dibandingkan Nasional dan Regional Kalimantan yaitu masing-masing 6,49 persen dan 5,76 persen, disusul Kalbar 4,90 persen, Kalsel 4,69 persen dan Kaltara 4,6 persen.

“Pertumbuhan ekonomi Regional Kalimantan, mayoritas dipengaruhi oleh pertumbuhan ekonomi Kalimantan Timur yang memiliki kontribusi sebesar 52,24 persn,” ujarnya lagi.

Selanjutnya, ia pun menyebut  kinerja sektor Pertambangan Batubara masih menjadi kontributor utama pertumbuhan ekonomi di wilayah Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Tengah.

“Di Kalimantan Timur bahkan mencapai 46,83 persen penyumpang pertumbuhan perekonomian,” pungkasnya. (YS)

 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!