Rasyid: Penerbitan Sertifikat Halal untuk UMKM dan PKL dapat Dipermudah

 Rasyid: Penerbitan Sertifikat Halal untuk UMKM dan PKL dapat Dipermudah

FOTO: Ketua Komisi II DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Achmad Rasyid.

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – Ketua Komisi II DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Achmad Rasyid mengharapkan adanya kemudahan dalam penerbitan sertifikat halal bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), serta Pedagang Kaki Lima (PKL).

Hal itu dirinya sampaikan menanggapi aturan yang dikeluarkan Kementerian Agama yang mewajibkan pedagang makanan dan minuman termasuk UMKM dan PKL memiliki sertifikat halal mulai 17 Oktober tahun ini.

“Ketika muncul kewajiban ini, para pelaku usaha jangan dipersulit mendapatkan sertifikat halal. Mereka harus mendapatkan kemudahan supaya aturan itu bisa dijalankan,” katanya, Rabu (28/02/2024).

Ia mengaku sangat mendukung program tersebut karena tujuannya sangat baik. Akan tetapi sebelum aturan tersebut diterapkan sepenuhnya, pihak terkait wajib memperhatikan hal-hal penting yang dianggap sebagai penunjang terselenggaranya peraturan ini dengan baik.

Selain disinggung mengenai kemudahan, Rasyid juga mengharapkan adanya sosialisasi wajib halal ini dapat dilakukan secara masif. Hal ini tidak hanya untuk mengetahui pemberlakuan aturan ini, akan tetapi menyampaikan kewajiban apa saja yang harus dijalankan oleh para pelaku usaha.

“Ini aturan yang bagus dengan catatan para pelaku usaha ini dibantu, mereka dapat disosialisasikan dulu, apa-apa saja syaratkan dipermudah. Sehingga nanti bisa diterima oleh pelaku usaha makanan dan minuman,” ujarnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, kewajiban sertifikat halal ini akan memiliki efek yang berganda. Yakni ketika konsumen konsumen merasa aman dan tenang dengan produk yang dibeli, mereka bisa merekomendasikannya ke orang lain yang imbasnya usaha itu akan lebih laku.

“Saya mendukung karena tujuannya bagus, selain sebagai jaminan tentu para pelaku usaha merasakan dampak baiknya karena barang yang dijual lebih laku,” tandasnya.

Wartawan: Maria Sabatiani

Editor: Yundhy Satrya

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!