Menuju Desa Lalang Cakap Keuangan, OJK Kalteng Gandeng Mitra Kerja Adakan Edukasi bagi Pelaku UMKM

 Menuju Desa Lalang Cakap Keuangan, OJK Kalteng Gandeng Mitra Kerja Adakan Edukasi bagi Pelaku UMKM

FOTO: Kegiatan Edukasi Pengelolaan Keuangan bagi pelaku UMKM Desa Lalang yang digelar oleh OJK Kalteng bersama mitra pemerintah desa Lalang dan PT. Bank Kalteng.

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Kalimantan Tengah, bersama mitra kerja, yakni Pemerintah Desa Lalang, Kabupaten Kotawaringin Barat dan PT, Bank Kalteng melaksanakan edukasi keuangan cakap mengelola keuangan bersama pelaku UMKM.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu 27 Januari 2024, bertujuan untuk mewujudkan Desa Lalang sebagai Desa Cakap Keuangan. Acara turut dihadiri Kepala OJK Provinsi Kalimantan Tengah, Kepala Desa Lalang Pemimpin Departemen Pendukung Bisnis PT Bank Kalteng, Kadin Provinsi Kalimantan Tengah, dan Penggiatan UMKM di Kabupaten Kotawaringin Barat.

Pada sambutannya, Kepala Desa Lalang, Muhammad Alfansuri, SP.,M.Si menyampaikan Desa Lalang memiliki potensi untuk menjadi desa wisata, dengan ekosistem yang memadai baik dari pelatihan UMKM Bagi perempuan masyarakat desa, hingga penyediaan layanan jasa keuangan untuk mendukung Desa Lalang menjadi desa yang mudah akan akses keuangan.

“Saya berharap, melalui kegiatan ini  dapat meningkatkan literasi keuangan dan memberikan pendampingan pengelolaan keuangan yang baik bagi masyarakat agar kesejahteraan masyrakat dan pelaku UMKM di Desa Lalang juga semakin berkembang,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala OJK Provinsi Kalimantan Tengah, Otto Fitriandy menjelaskan Progam Desa Cakap Keuangan merupakan program untuk meningkatkan pemahaman masyarakat desa terhadap lembaga, produk maupun layanan jasa keuangan baik konvensional ataupun syariah melalui kegiatan pembekalan dalam bentuk Training of Trainers – TOT kepada perangkat desa, ataupun edukasi oleh perangkat desa kepada masyarakat.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap lembaga jasa keuangan, produk dan layanan jasa keuangan dapat meningkat dan terhindar dari iming-iming investasi ilegal. Saya berharap, Desa Lalang dapat menjadi desa Wisata yang inklusif dan meningkatkan pengelolaan keuangan masyarakat dalam bidang UMKM untuk perempuan,” urainya.

Sekedar menginformasikan, sejumlah narasumber yang hadir, diantaranya yakni dari OJK Provinsi Kalimantan Tengah oleh Noor Bima Haru Kurniawan yang memberikan edukasi literasi pengenalan OJK dan waspada investasi, Himawan Tri Irwanto Perwakilan dari PT Bank Kalteng yang menjelaskan mengenai pengenalan produk dan layanan jasa keuangan yang dapat diakses oleh masyarakat, Rusdi mewakili Kadin Kalimantan Tengah yang menjelaskan mengenai pengembangan pelaku usaha UMKM, dan Rangga Lesmana selaku Penggiat UMKM di Kabupaten Kotawaringin Barat yang menjelaskan mengenai motivasi kepada Pelaku UMKM di Desa Lalang. (YS)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!