Ciptakan Pemilu Sejuk, Kodim 1017/Lmd Gelar Coffee Morning Bersama Semua Unsur Masyarakat

 Ciptakan Pemilu Sejuk, Kodim 1017/Lmd Gelar Coffee Morning Bersama Semua Unsur Masyarakat

FOTO : Pj Bupati Lamandau, Lilis Suryani, Dandim) 1017/Lmd, Letkol Arm Ari Sugiharto dan para pejabat lainnya saat foto bersama usai kegiatan Coffee Morning bersama seluruh elemen masyarakat dilaksanakan guna mendukung terciptanya Kamtibmas, Jumat 2 Februari 2024.

 

KALTENGNEWS.co.id – NANGA BULIK – Penyelenggaraan Pemilu yang sejuk dan damai menjadi tanggungjawab semua pihak. Dalam upaya menjaga kerukunan dan keutuhan persatuan dan kesatuan jelang Pemilu, 14 Februari 2024, Kodim 1017/Lamandau menggelar kegiatan Coffee Morning bersama jajaran pemerintah daerah, Forkopimda, penyelenggara dan perwakilan peserta pemilu serta perwakilan tokoh-tokoh, baik agama,adat, tokoh masyarakat serta perwakilan mahasiswa Politeknik Lamandau.

Komandan Kodim (Dandim) 1017/Lmd, Letkol Arm Ari Sugiharto, menyampaikan bahwa kegiatan Coffee Morning bersama seluruh elemen masyarakat dilaksanakan guna mendukung terciptanya Kamtibmas dilingkungan masyarakat Kabupaten Lamandau menjelang pemilu, saat pelaksanaan pemungutan suara serta pasca hari pencoblosan Pemilu 2024.

“Pada intinya Kodim 1017/Lmd, atas arahan Pangdam saat pelaksanaan apel kesiapsiagaan Pemilu 2024, Kami melaksanakan kegiatan pertemuan bersama seluruh elemen masyarakat, hal ini bertujuan untuk menyatukan niat semua pihak untuk menyukseskan Pemilu 2024 terlaksana dengan aman dan damai,” ungkap Dandim usai kegiatan Coffee Morning yang digelar di aula Makodim setempat, Jumat 2 Februari 2024.

Dandim Ari Sugiharto menambahkan, pihaknya siap melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai arahan Pangdam XII Tanjung Pura, diantaranya melaksanakan sosialisasi pelaksanaan pemilu damai, memback up pihak kepolisian dibidang keamanan pada pelaksanaan Pemilu serentak 2024.

“Selain itu, Kita juga mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk dapat menggunakan hak pilihnya pada Pemilu tanggal 14 Februari 2024 mendatang, mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kerukunan dan ketertiban sehingga pesta demokrasi di negara kita dapat berlangsung dengan lancar, aman dan damai,” kata Dandim Ari Sugiharto.

Terkait kesiapan personil Kodim 1017/Lmd menghadapi pelaksanaan Pemilu, Dandim menegaskan bahwa seluruh prajurit siap siaga untuk membantu mengamankan jalannya Pemilu 2024.

“Kurang lebih 130 personil Kita siapkan untuk memback up Polres Lamandau melaksanakan pengamanan Pemilu 2024 ini,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Pj Bupati Lamandau Lilis Suriani, mengatakan bahwa Pemkab Lamandau mengapresiasi dan mendukung dilaksanakannya kegiatan Coffee Morning bersama perwakilan elemen masyarakat yang diinisiasi oleh Kodim 1017/Lmd.

“Pemerintah daerah mendukung penuh pelaksanaan Pemilu pada hari Rabu 14 Februari 2024 nanti dapat terlaksana dengan aman dan damai, untuk itu kegiatan ini meskipun dilaksanakan dadakan namun dapat dihadiri seluruh perwakilan dari elemen masyarakat diharapkan dapat memberikan energi positif untuk bersama-sama menyukseskan Pemilu di Kabupaten Lamandau,” ungkap Pj Bupati Lamandau dalam sambutannya.

Iya menambahkan, Pemerintah daerah menekankan kepada seluruh ASN dan aparat keamanan agar dapat menjaga netralitasnya dan tidak terlibat dalam politik praktis, sehingga pelaksanaan Pemilu di Lamandau berlangsung lancar dan damai.

“Saat berkeliling ke daerah-daerah memantau kesiapan pelaksanaan Pemilu, Kami senantiasa menyampaikan kepada masyarakat agar tetap rukun dan tidak mudah terprovokasi oleh hal-hal yang dapat memecah belah, mari kita bergandengan tangan untuk bersama menyukseskan Pemilu 2024,” kata Lilis Suriani.

Sementara itu, Komisioner KPU Lamandau, Aria Yudhistira, mengatakan bahwa pihaknya selaku penyelengga, saat ini tengah melaksanakan tahapan persiapan pendistribusian logistik pemilu yang akan mulai dilaksanakan pada H-2 atau tanggal 12 Februari mendatang.

“Logistik pemilu seperti surat suara, formulir-formulir dan lain-lain saat ini sudah mulai dipackong ke kotak suara dan dilakukan penyegelan untuk selanjutnya nanti sesuai jadwal akan didistribusikan ke seluruh kecamatan mulai H-2,” ujarnya.

Aria menjelaskan, terkait pelaksanaan pemilu yang berlangsung damai, sesuai dengan pernyataan Ketua KPU RI, bahwa setidaknya ada 3 hal penting yang harus diperhatikan oleh semua pihak. Diantaranya pihak penyelenggara, dalam hal ini KPU dan Bawaslu Aria menjelaskan, terkait pelaksanaan pemilu yang berlangsung damai, sesuai dengan pernyataan Ketua KPU RI, bahwa setidaknya ada 3 hal penting yang harus diperhatikan oleh semua pihak. Diantaranya pihak penyelenggara, dalam hal ini KPU dan Bawaslu bertugas sesuai dengan norma dan aturan yang berlaku.

“Kemudian yang kedua, peserta pemilu mematuhi regulasi yang telah ditetapkan, peserta tidak mengeksploitasi politik identitas serta tidak melakukan tindakan yang dilarang, dan yang ketiga, warga yang memiliki hak pilih dapat menggunakan haknya sesuai dengan hati nurani serta cerdas dalam menentukan pilihan dengan pertimbangan rasional bukan emosional,” bebernya.

Acara Coffee morning yang berlangsung selama kurang lebih satu jam itu ditutup dengan testimoni pernyataan seluruh pejabat dan tokoh-tokoh yang hadir untuk siap menyukseskan pemilu di Kabupaten Lamandau dapat terlaksana dengan aman dan damai. (agg)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!