RPJPD Kabupaten Katingan Tahun 2025-2045 Harus Bisa Hasilkan Pembangunan Yang Bermanfaat

 RPJPD Kabupaten Katingan Tahun 2025-2045 Harus Bisa Hasilkan Pembangunan Yang Bermanfaat

FOTO : Sekda Katingan Pransang, saat membuka kegiatan pelaksanaan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJPD Kabupaten Kaingan Tahun 2025-2045.

 

KALTENGNEWS.co.id – KASONGAN – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Katingan Pransang, berharap pelaksanaan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Kaingan Tahun 2025-2045 menghasilkan komitmen dan kerja keras bersama dalam merumuskan pilihan arah kebijakan untuk mewujudkan cita-cita pembangunan yang bermanfaat bagi masyarakat di Kabupaen Katingan.

Dijelaskan perencanaan pembangunan daerah adalah suatu proses untuk menentukan kebijakan masa depan, melalui urutan pilihan yang melibatkan berbagai unsur pemangku kepentingan, guna pemanfaatan pengalokasian sumber daya yang ada dalam jangka waktu tertentu.

“Selain itu dalam penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah jangka panjang Kabupaten Katingan Tahun 2025-2045, mengacu pada visi Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) Tahun 2025-2045 “Indonesia Emas 2045” yaitu mewujudkan Indonesia sebagai negara nusantara berdaulat, maju dan berkelanjutan serta mengacu visi RPJPN Provinsi Kalteng 2025-2045,” jelas Sekda Kabupaten Katingan Pransang, saat membuka kegiatan di Aula Bappedalitbang Kabupaten Katingan, Jumat 5 Januari 2024.

Lanjutnya, bahwa beberapa RPJPN Kalteng adalah Kalimantan Tengah menuju provinsi tangguh yang bangkit, melaju, terarah dan berkelanjutan. Sehingga penjabaran dari visi, misi, arah kebijakan dan sasaran pokok pembangunan daerah jangka panjang untuk 20 tahun yang disusun dalam RPJPN Kabupaten Katingan Tahun 2025-2045, Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi Kalimantan Tengah dan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

“Saya mengajak semua peserta yang hadir agar dapat memberikan saran dan masukan guna penyempurnaan rancangan awal RPJPD Kabupaten Katingan Tahun 2025-2045 untuk pembanguan Kabupaten Katingan 20 tahun ke depan. Kita tidak menginginikan pembangunan di Kabupaten Katingan pada 20 Tahun yang akan datang tertinggal dibandingkan dengan daerah lain,” pungkasnya.

Kegiatan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJPD Kabupaten Kaingan Tahun 2025-2045, dihadiri Kepala Bappedalitbang Provinsi Kalteng, Asisten II Setda dan perwakilan dari Staf Ahli Bupati Katingan, perwakilan dari Para Pimpinan Tinggi Pratama Kabupaten Katingan beserta jajarannya. Kemudian dari perwakilan Anggota DPRD, perwakilan dari seluruh Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Katingan, perwakilan dari Camat se-Kabupaten Katingan, serta tamu undangan yang hadir. (AS)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!