Rektor UMPR Dukung Pembangunan Masjid dan Salurkan Bantuan Beasiswa Pendidikan

 Rektor UMPR Dukung Pembangunan Masjid dan Salurkan Bantuan Beasiswa Pendidikan

FOTO : Rektor UMPR, Muhammad Yusuf saat menyaksikam prosesi penandatanganan serah terima wakaf tanah pembangunan masjid Baitul Gaza di Jalan Manduhara Induk Kota Palangka Raya, Sabtu (20/1/2024).

KALTENGNEWS.co.id – PALANGKA RAYA – Rektor Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMPR), Muhammad Yusuf bantu penyelesaian pembangunan masjid Baitul Gaza serta memberi bantuan beasiswa pendidikan kepada beberapa keluarga pewakaf.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Palangka Raya, Muhammad Hanafiah Novie menyampaikan bahwa secara fisik pembangunan masjid Baitul Gaza baru selesai sekitar 60-70 persen dan masih memerlukan dana sekitar Rp150 juta untuk penyelesaiannya.

“Terima kasih kepada rektor UMPR Muhammad Yusuf telah memberikan komitmen untuk membantu penyelesaian pembangunan masjid berupa uang sebesar Rp200 juta. Selain bantuan untuk Penyelesaian masjid tersebut, pak Rektor juga memberikan berbagai macam beasiswa pendidikan tinggi kepada beberapa keluarga pewakaf untuk melanjutkan sekolah tinggi di UMPR sebagai ucapan terima kasih karena telah mewakafkan tanah dan masjid kepada Persyarikatan Muhammadiyah,” ucapnya, Sabtu (20/1/2024).

Untuk diketahui, PDM Kota Palangka Raya bersama UMPR dan masyarakat terkait melaksanakan kegiatan serah terima wakaf tanah dan bangunan masjid Baitul Gaza dari keluarga besar Ibnu.

Adapun lokasi wakaf ini berada di jalan Manduhara Induk, kelurahan Kereng Bengkirai, Kecamatan Sabangau, kota Palangka Raya dengan lahan seluas 1.200 m2 dan di atas lahan tersebutlah ada bangunan masjid Baitul Gaza seluas 400 m2.

Prosesi penandatanganan serah terima wakaf ini adalah upaya legal yang dilakukan oleh PDM Kota Palangka Raya atas kepemilikan aset tersebut.

Muhammad Wahib selaku wakil keluarga pewakaf menyampaikan rasa terima kasih kepada Persyarikatan Muhammadiyah yang telah menerima wakaf tersebut.

“‘Semoga tanah dan masjid ini bermanfaat bagi warga sekitarnya dan menjadi amal jariyah bagi orang tua kami yang telah meninggal dunia,” katanya, Sabtu (20/1/2024).

Kemudian senada dengan hal tersebut, Muhammad Wahib yang mewakili keluarga pewakaf menyampaikan terima kasih kepada Persyarikatan Muhammadiyah yang telah menerima wakaf ini dengan harapan menjadi amal kedua orang tuanya.

“‘Semoga tanah dan masjid ini bermanfaat bagi warga sekitarnya dan menjadi amal jariyah bagi orang tua kami yang telah meninggal dunia,” ucap Wahid.

Sebagai informasi, serah terima wakaf tanah dan bangunan ini disaksikan oleh para tamu undangan. Hadir dalam prosesi serah terima wakaf ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalteng, ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah kota Palangka Raya, ketua PCM Jekan Raya, PCM Sebangau dan PCM Pahandut serta ketua Dewan Masjid Indonesia provinsi Kalteng, ketua RW, RT dan warga sekitar Masjid.

Ketua pimpinan wilayah Muhammadiyah Kalteng, Achmad Syar’i juga menyampaikan ungkapan terima kasih serta harapannya terkait serah terima wakaf dan bangunan masjid tersebut.

“Terima kasih kepada keluarga pewakaf yang telah mempercayakan wakaf tanah dan bangunan ini kepada Persyarikatan Muhammadiyah. Harapannya, warga setempat juga ikut memakmurkan masjid Baitul Gaza baik dalam urusan ibadah maghdhoh maupun ghairu maghdhoh,” ucap dia.

Untuk diketahui, dengan adanya tambahan aset ini maka Pimpinan Daerah Muhammadiyah kota Palangka Raya menambah jumlah kepemilikan masjid. saat ini Aset yang telah ada adalah Masjid Mujahidin yang berada di jalan Rasak kelurahan Panarung kecamatan Pahandut kota Palangka Raya. (tim/agg)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!