Pemerintah Kalteng Diharapkan Dukung Anggaran Tiwah Massal

 Pemerintah Kalteng Diharapkan Dukung Anggaran Tiwah Massal

FOTO: Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) Kuwu Senilawati.

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) Kuwu Senilawati meminta kepada pemerintah daerah (Pemda) memberi dukungan anggaran untuk pelaksanaan kegiatan keagamaan umat Hindu Kaharingan yakni tiwah massal.

Dikatakannya, untuk melaksanakan kegiatan keagamaan tersebut memerlukan anggaran yang cukup besar. Sehingga dukungan anggaran dari pemerintah sangat diperlukan, baik dari pemerintah provinsi ataupun kabupaten dan kota dimana tempat kegiatan itu dilaksanakan.

“Upacara tiwah massal merupakan bentuk pengormatan terhadap keluarga yang telah meninggal dunia. Dalam prosesnya kegiatan tersebut memerlukan biaya besar jadi harus dibantu,” ujar Kuwu, Rabu (31/01/2024).

Srikandi Partai Gerindra ini menjelaskan, bahwa upacara tiwah sendiri merupakan penghormatan terharap keluarga yang telah meninggal dunia. Sehingga dirinya sangat mendukung adanya prosesi tiwah massal di Kalteng ini, sebab selain untuk menghormati orang yang sudah meninggal dunia, itu juga merupakan bagian dari budaya Kalteng yang sangat kental.

Lebih lanjut, ia menegaskan besarnya biaya untuk upacara tiwah ini disebabkan kegiatan tersebut tidak dilaksanaka satu atau dua hari saja, akan tetapi akan berlangsung lama dan ada sejumlah rangkaian kegiatan yang harus dipenuhi dalam kegiatan ini.

“Memang kegiatan tiwah ini untuk biaya ditanggung oleh pihak keluarga, tapi untuk membantu tidak salahnya pemerintah memberi dukungan anggaran supaya kegiatan keagamaan ini bisa terlaksana,” ucapnya.

Dirinya juga menjelaskan secara pribadi dan sebagai anggota dewan, dirinya akan terus membantu serta memperjuangkan dana bantuan bagi pelaksanaan tiwah massal. Harapannya bantuan dari pemerintah kedepan terus dianggarkan bahkan ditingkatkan.

“Kami juga di DPRD Kalteng selama ini terus memperjuangkan bantuan dana bagi masyarakat yang melaksanakan tiwah massal pada beberapa tempat di Kalteng,” pungkasnya.

Wartawan: Maria Sabatiani

Editor: Yundhy Satrya 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!