Unggul dan Berkarakter, Berikut Segudang Prestasi UPR di Tingkat Nasional dan Internasional sepanjang 2023

 Unggul dan Berkarakter, Berikut Segudang Prestasi UPR di Tingkat Nasional dan Internasional sepanjang 2023

FOTO: Rektor UPR, Prof. Dr. Ir. Salampak, MS., saat memberikan kata sambutan pada Kegiatan Wisuda UPR periode Desember 2023, Sabtu (16/12/2023) pagi, di Aula Palangka UPR.

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – Sejalan dengan asa untuk menjadikan perguruan tinggi yang unggul dan berkarakter, maka Universitas Palangka Raya (UPR) dari hari ke hari semakin memantapkan diri dengan berbagai ukiran prestasi yang patut untuk dibanggakan bersama, terkhususnya di sepanjang 2023 ini.

Demikian hal itu disampaikan oleh Rektor UPR, Prof. Dr. Ir. Salampak, MS., saat memberikan kata sambutan pada kegiatan Sidang Terbuka Senat Wisuda periode Desember 2023, Sabtu (16/12/2023) pagi, di Aula Palangka UPR.

“Sepanjang tahun 2023 ini ada banyak mahasiswa yang berprestasi dan membawa kebanggaan bagi Almamater UPR,” ujar Rektor UPR.

Prof. Salampak menguraikan adapun ukiran prestasi yang telah diraih sepanjang 2023 ini, diantaranya Festival Tari Borneo (FTB) ke VIII tingkat Internasional, dengan capaian prestasi Juara III untuk kategori Anugerah Platinum dan Anugerah Koreografer Terbaik, diwakili oleh mahasiswa dari FEB UPR ada 4 orang, FT UPR ada 2 orang, FISIP UPR ada 3 orang, dan Faperta UPR ada 1 orang.

Essay Competition Faperta (Futuristic and Prestige Research, Tecnology and Art) tingkat Nasional, dengan capaian prestasi Bronze medal untuk kategori Favorit Paper, diwakili oleh mahasiswa dari Faperta UPR, yakni Elynius Gowasa, Devitriyeni Zendrato, dan Gusti Nanda K.M.

Selanjutnya, Faperta Fair tingkat Nasional, dengan capaian Bronze Medal, diwakili oleh mahasiswa dari Faperta UPR, yakni Ridho Adi Saputra, Septia Liani Putri, Elynius Gowasa, Ahmad Fajar Risky, dan Reza Pahlevi.

Lombok Essay Competition 2 (LEC2) tingkat Nasional, dengan capaian prestasi Bronze Medal, diwakili oleh mahasiswa dari Faperta UPR, yakni Hartono Nainggolan, Iqbal Achmad K, dan Wina Tarida S.

Nusantara Writing Festival (NWF) tingkat Nasional, dengan capaian prestasi Bronze Medal, diwakili oleh mahasiswa dari Faperta UPR, yakni Lydia Maren Ivanka, Giofanny Simamora, dan Iqbal Achmad K.

LETIN 2 (lomba Essay Tingkat Nasional-2) tingkat Nasional, dengan capaian prestasi Juara Harapan 3, diwakili oleh mahasiswa dari FMIPA UPR, yakni Yuni Damayanti N, dan Jesika Nababan;

Serta, Essay Competition FAPERTA FAIR 4 tingkat Nasional, dengan capaian prestasi Bronze Medal, diwakili oleh mahasiswa dari FMIPA UPR, yakni Yuni Damayanti N, Jesika Nababan, Tina Sugiyani.

Berikutnya, Vetra Stock Competition 2023 tingkat Nasional, dengan capaian prestasi Juara 2, diwakili oleh mahasiswa dari FEB UPR, yakni Imron Rosyadi, Ahmad Dwi M, dan Mar’elfan Hadi P; dan Shukoido Borneo 1 Karate Open tingkat Nasional, dengan capaian prestasi Juara 1, diwakili oleh mahasiswa dari FEB UPR, yakni Reysha Mei L.

Kompetisi The 9th UTU Awards tingkat Nasional, dengan capaian prestasi Juara Harapan 1, diwakili oleh mahasiswa dari FISIP UPR Raninda Cantika, dan mahasiswa dari FKIP UPR Inda Yulianti.

Internasional Conference in Pharmaceutical and Health Scienes 2023 tingkat Internasional, dengan capaian prestasi Juara 2 untuk kategori Best Oral Presentation, diwakili oleh mahasiswa dari FK UPR, yakni Astrid Eklesia S.

Kemudian, Internasional Conference of Korea Movement Disorder Socierty 2023 di BEXCO, Busan Korea Selatan tingkat Internasional, dengan capaian prestasi Konferensi Bidang Ilmiah Kedokteran, diwakili oleh mahasiswa FK UPR, yakni Muhammad Naufa, Gigih Pratama, M. Naufal Al-Firas, N. Hikmal Nibra, Tsania Najmi, M. Ricko Fahrizal, dan Astrid Ekklesia P.

Lalu, Geotecnical Engineering Civil Expo ITS 2023 tingkat Nasional, dengan capaian prestasi Juara Harapan 2, diwakili Ahmad Nurahim, Jarkani, dan Ungga Yudha; serta Sayembara Kayunusa Shelter “Lipat Tenteng-Simpan” tingkat Nasional, dengan capaian prestasi Juara 1, diwakili oleh mahasiswa FT UPR, yakni Suci Marselia, Yusuf Aditya S, dan Archie Taftazani .

Prof. Salampak kembali menyampaikan untuk capaian target tingkat keberhasil Indikator Kinerja Utama (IKU) tahun 2022 yang telah melalui penilaian pada tahun 2023 ini, UPR juga telah mendapatkan suatu torehan yang cukup baik dari pelaksanaannya.

“Kita patut bersyukur dan berbangga, karena UPR telah memperoleh ranking 1 pada IKU 4 dan IKU 7. Sehingga demikian, kedepannya untuk penilaian tahun 2023 ini, kita akan bersaing bukan lagi dengan PTN Satker, tetapi kita bersaingan dengan sesama PTN BLU,” ujar Rektor UPR lagi.

Tak hanya itu, ia juga mengatakan capaian prestasi yang telah diraih saat ini, tidak membuat pihaknya cepat berpuas diri. Tapi, ini justru merupakan awal dari perjuangan UPR untuk mewujudkan SDM Unggul dan Berkarakter.

“Jadi, kita bukan hanya mengandalkan apa yang kita raih sekarang, akan tetapi bagaimana kita mulai mengejar ketertinggalan kita pada IKU yang lainnya,”

“Sekarang ini, kita telah banyak melakukan MoU dengan berbagai pihak, dalam rangka mendongkrak IKU dan mudah-mudahan tahun-tahun selanjutnya kita semakin baik dalam IKU, terutama bagi IKU yang masih sangat minim,” imbuhnya.

Prof. Salampak juga menekankan seraya berharap, kerjasama dengan semua pihak, terutama rekan-rekan dosen dan tenaga kependidikan serta unit terkait lainnya.

“Saya meminta agar kita dapat selalu bersinergi dalam asa yang sama, sehingga mengahasilkan suatu manfaat bagi sivitas akademika maupun masyarakat, bangsa dan negara,” tandasnya. (YS)

 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!