Peringati Hari Bhakti PUPR Ke-78, Ini Kata Kepala DPUPR Pulpis

 Peringati Hari Bhakti PUPR Ke-78, Ini Kata Kepala DPUPR Pulpis

FOTO: Memperingati Hari Bakti PUPR ke-78 di Kantor DPUPR Kabupaten Pulang Pisau, Senin (04/12/2023).

PULANG PISAU, Kaltengnews.co.id – Peringati Hari Bhakti Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Ke-78 Tahun 2023 dengan tema PUPR Siap Membangun Negeri. Kepala DPUPR Pulang Pisau, Usis I Sangkai menyampaikan bahwa DPUPR siap membangun sejumlah sektor di Bumi Handep Hapakat.

Seperti pembangunan Infrastruktur jalan dan jembatan, fasilitas umum dan fasilitas sosial. Dukungan terhadap peningkatan pembangunan Pertanian di Kabupaten Pulang Pisau. Penanggulangan stunting, kemiskinan ekstrim, penurunan inflasi. Pembangunan dan peningkatan layanan masyarakat dalam jangkauan penyediaan air bersih termasuk sumur bor. Sanitasi untuk mck layak pakai. Sehingga masyarakat menjadi maju dan sejahtera.

“Kita sudah melaksanakan beberapa program seperti, Pembangunan Infrastruktur jalan dan jembatan, fasilitas umum dan fasilitas sosial,” kata Usis, Senin (04/12/2023) usai Upacara.

Ditegaskan Usis, untuk ke depan tugas PUPR semakin besar, harus membangun lebih banyak lagi infrastruktur yang lebih berkualitas, yang layak dan ramah lingkungan. Terutama dalam membuka akses infrastruktur keterhubungan antar Kecamatan maupun antar Desa dan Kelurahan yang ada di Kabupaten yang berjuluk Bumi Handep Hapakat ini.

“Saya berpesan, baktikan diri, bekerja secara ikhlas dan bersungguh-sungguh, untuk kemajuan daerah kita, Insan-insan PUPR terus dituntut, agar memiliki komitmen tinggi guna menyelesaikan seluruh tugas-tugas yang telah diamanahkan, dalam mendukung terwujudnya Kabupaten Pulang Pisau yang lebih baik,” ucapnya.

Untuk ke depan, tugas PUPR semakin besar, harus membangun lebih banyak lagi infrastruktur yang lebih berkualitas, yang layak dan ramah lingkungan. Terutama dalam membuka akses infrastruktur keterhubungan di Kabupaten yang berjuluk Bumi Handep Hapakat ini.

“Untuk itu, dalam melanjutkan pembangunan infrastruktur ke depan, ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian insan-insan PUPR. Pertama kualitas infrastruktur harus benar-benar ditingkatkan, dan harus dimulai dari tahap perencanaan, pelelangan, hingga pelaksanaan yang berkualitas,” jelasnya.

Tidak hanya itu, terkait pengawasan, harus dilakukan secara intensif dan berjenjang dengan mengoptimalkan peran dan fungsi pembina teknik, unit kepatuhan intern dan auditor serta para konsultan pengawas di lapangan agar lebih akuntabel, efisien dan mutu pekerjaan dapat dijamin.

Pembangunan infrastruktur, sambungnya, harus lebih memperhatikan keberlanjutan di lingkungan dengan mengikuti kaidah-kaidah green infrastruktur. Dan yang dalam melaksanakan pembangunan infrastruktur kita harus senantiasa bekerja keras, bergerak cepat, dan bertindak tepat.

“Sejalan dengan tema hari bakti PUPR ke-78 tahun 2023 ini yakni “Air untuk kesejahteraan bersama, tema ini sengaja di angkat oleh Kementerian Pekerjaan Umum, mengingat, air masih menjadi tantangan yang cukup besar di banyak daerah, termasuk kita di Kabupaten Pulang Pisau,” tutupnya.

Wartawan Biro Pulang Pisau: DENNY

Editor: Yundhy Satrya

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!