Netralitas Polri Selalu Jadi Penekanan

 Netralitas Polri Selalu Jadi Penekanan

Foto : Kapolda Irjen Pol Drs. Djoko Poerwanto didampingi sejumlah pejabat utama Polda Kalteng saat melaksanakan kunjungan kerja ke Mapolres Katingan, Sabtu (02/12/23) siang.

KASONGAN – Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng) Irjen Pol Drs. Djoko Poerwanto didampingi sejumlah pejabat utama Polda Kalteng melaksanakan kunjungan kerja ke Mapolres Katingan, Sabtu (02/12/23) siang. Selain memberikan arahan kepada personel, dalam kunjungan ini Kapolda juga meresmikan Ruang Vicon Wicaksana Lagawa Polres Katingan serta memberikan tali asih kepada Purnawirawan, Warakauri, Anak Yatim, Anak Tahfiz dan Penyandang Disabilitas.

Kedatangan rombongan diawali dengan Prosesi Penyambutan oleh Kapolres Katingan AKBP I Gede Putu Widyana, SH, SIK, MH bersama Ketua Cabang Bhayangkari Katingan. Kemudian dilanjutkan dengan pemotongan Pantan, Tarian Penyambutan dengan mengusung adat Dayak. Hadir pula kala itu, Penjabat Bupati Katingan Saiful, S.Pd, M.Si, ketua DPRD Katingan Marwan Susanto, S.Sos serta unsur Forkopimda.

Saat memberikan arahan di Aula Bhayangkara Polres Katingan, Kapolda menekankan kepada seluruh personel mengenai netralitas Polri dalam pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024. Dia juga, membahas terkait peran Bhabinkamtibmas dalam melayani masyarakat yang ada di desa.

“Aktifkan kerjasama dan perkuat Satgas Penyelesaian Konflik Sosial (PKS) serta update potensi gangguan. Untuk Bhabinkamtibmas, harus mengetahui apa yang terjadi di desanya, dengan melakukan deteksi dan pendataan area serta verifikasi potensi gangguan yang akan timbul di area tersebut,” pesan Djoko.

Dia juga meminta agar seluruh personel Polres Katingan dan jajaran Polsek, agar jangan pernah lelah membantu dan melayani masyarakat.

“Jadilah Polisi yang baik, profesional serta proporsional. Jangan pernah lelah untuk berbuat baik dengan masyarakat dan institusi,” imbuhnya.

Sebelumnya saat memberikan tali asih, Kapolda menyampaikan rasa syukur atas kehadiran semua tamu undangan dalam acara tersebut.

“Kegiatan ini bukan hanya sebagai bentuk apresiasi kami terhadap purnawirawan Polri, warakauri, anak yatim, anak tahfiz, dan penyandang disabilitas. Tetapi juga, sebagai wujud kepedulian Bhayangkara terhadap kelompok masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya.

Melalui pemberian tali asih ini, lanjutnya, Polri ingin memberikan dukungan moral dan materi kepada mereka yang telah berkontribusi atau membutuhkan bantuan khusus.

“Semoga kegiatan ini dapat membawa kebahagiaan dan manfaat bagi semua penerima,” tuturnya.

Sementara Kapolres Katingan mengatakan, kunjungan ini sebagai wujud dari sinergi antara Polres Katingan dan Polda Kalteng dalam menjaga keamanan dan ketertiban.

“Sekaligus juga untuk bersilaturahmi dan memperkenalan diri sebagai Kapolda Kalteng yang baru. Beliau juga mengingatkan kembali tugas pokok Kepolisian di jajaran Polda Kalteng,” ungkapnya.

Kapolres juga berharap, dengan adanya kunjungan ini dapat memperluas cakupan kerjasama dan koordinasi dalam menjaga keamanan wilayah. Dia menegaskan komitmen Polres Katingan untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, serta menjalankan tugas dengan profesionalitas dan integritas.

“Kunjungan Kapolda Kalteng diharapkan dapat menjadi momentum untuk lebih mempererat solidaritas antar instansi dalam mencapai tujuan bersama. Yaitu, menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif bagi seluruh masyarakat di wilayah hukum Polres Katingan,” katanya.

Sementara terkait pembangunan ruang vicon, menurut Kapolres bertujuan untuk memaksimalkan pelaksanaan tugas personel dalam hal efektifitas dan efisiensi waktu dalam penyampaian Informasi maupun petunjuk serta arahan kepada seluruh personel di Jajaran Polres Katingan.

“Dengan adanya ruang vicon ini, diharapkan dapat meningkatkan kinerja Personel Polres Katingan dalam memberikan Perlindungan, Pengayoman dan Pelayanan kepada Masyarakat,” tutupnya.

(agg/sog)

triokta

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!