Kejati Kalteng Geledah Kantor BPKA Barsel

 Kejati Kalteng Geledah Kantor BPKA Barsel

FOTO : Tim Penyidik Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah saat geledah kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Kabupaten Barito Selatan, Selasa (5/12/2023). Sumber : Penkum Kejati Kalteng.

KALTENGNEWS.co.id – PALANGKA RAYA – Tim Penyidik Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah menggeledah kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPKA) Kabupaten Barito Selatan terkait dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) pada Dinas Kesehatan Barito Selatan, Selasa (5/12/2023).

Dari Kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Barsel tersebut, Tim Penyidik Kejati Kalteng menyita sejumlah dokumen yang berkaitan dengan Dugaan Tindak Pidana Korupsi Bantuan Operasional Kesehatan di Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Selatan Tahun 2020 – 2021.

Guna kepentingan penyidikan, sejumlah dokumen tersebut dibawa ke Kejaksaan Tinggi Kalteng.

Sebelumnya, pada 15 November 2022 Penggeledahan masing – masing di rumah kediaman Saksi ICD di Palangka Raya, Saksi MJN dan Saksi PMT di Buntok – Barito Selatan.

Dalam kegiatan tersebut Tim Penyidik menyita 1 (satu) Unit Mobil Honda Brio Satya warna putih dan 1 (satu) unit mobil Mitsubishi Xpander 1,5 L warna hitam yang dikuasai oleh Saksi ICD.

Dugaan korupsi bantuan operasional kegiatan pada Dinas Kesehatan Barsel tersebut bermula pada tahun 2020. Dimana Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Selatan menerima Dana Alokasi Khusus Non Fisik (DAK-NF) senilai Rp. 14.193.918.000,- yang dipergunakan untuk : BOK Puskesmas, BOK Dinas Kesehatan, BOK Sistem E-Logistik Obat dan BMHP, BOK Stunting, Dukungan Manajemen, Akreditasi Puskesmas, Jampersal, Pengawasan Obat dan Makanan.

Sedangkan pada tahun 2021, Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Selatan juga menerima Dana Alokasi Khusus Non Fisik (DAK-NF) senilai Rp. 16.414.374.000, yang dipergunakan untuk : BOK Kab/Kota, BOK Puskesmas, BOK Kefarmasian dan Alkes, BOK Stunting, Jaminan Persalinan, Dukungan Akreditasi Puskesmas, Dukungan Akreditasi Laboratorium Kesehatan, Pengawasan Obat dan Makanan, diduga kuat ada indikasi penyelewengan dalam penggunaan dana tersebut.

Terkait kerugian negara dalam perkara Dugaan Tindak Pidana Korupsi Bantuan Operasional Kegiatan (BOK) pada Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Selatan Tahun Anggaran 2020 s/d 2021 tersebut, masih dalam proses penghitungan Tim penyidik Kejati Kalteng dengan lembaga terkait. (tim)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!