BPBD Pulpis Imbau Waspada Perubahan Iklim

 BPBD Pulpis Imbau Waspada Perubahan Iklim

FOTO: Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pulpis Osa Maliki.

PULANG PISAU, Kaltengnews.co.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) mengimbau kepada masyarakat sehubungan dengan perubahan iklim yang sewaktu-waktu menjadi ekstrem.

“Untuk mengantisipasi perubahan iklim yang terjadi di Kabupaten Pulang Pisau, kami dari BPBD Kabupaten Pulang Pisau selalu berkoordinasi dengan seluruh Kecamatan terkait perubahan situasi ini,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pulpis Osa Maliki, Senin (01/12/2023) via telepon selulernya.

Osa sapaan akrabnya ini mengimbau kepada seluruh Kepala Desa atau Lurah se-Kabupaten Pulpis untuk selalu waspada, serta melakukan pengecekan terutama bagian-bagian rumah yang rentan terdampak oleh terpaan angin kencang, mengamankan barang berharga atau elektronik, dan menebang pohon-pohon yang lapuk.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Pulpis juga meminta kerja sama kepada seluruh Kepala Desa atau Lurah untuk memberikan informasi terkait dengan ancaman bencana atau hal-hal lain, agar dapat segera dilakukan penanganan, apabila ada terjadi bencana.

“Untuk personel kita stanby 1×24 jam, apa bila ada warga membutuhkan, maka kami akan cepat melakukan pertolongan,” ujar Osa.

Ditambahkan Osa, untuk kondisi sekarang ini cuaca seperti turun hujan masih dalan kondisi sedang, dan tidak tinggi. Antisipasi atau perlu diwaspadai pada saat turun hujan, kata Osa, yakni Banjir di wilayah hulu yakni Kecamatan Banama Tingang dan Kecamatan Kahayan Tengah.

“Untuk dua Kecamatan Banama Tingang dan Kecamatan Kahayan Tengah masih aman. Dan kita selalu pantau setiap hari ke seluruh desa dan kelurahan,” jelas Osa.

Ajakan ini, lanjut Osa, tidak sekadar imbauan namun juga sebagai langkah Pemerintah Kabupaten Pulpis memitigasi atau meminimalisir hal-hal kemungkinan yang bisa terjadi dan tidak diinginkan.

Wartawan Biro Pulang Pisau: DENNY

Editor: Yundhy Satrya 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!