Rapat Paripurna ke-6, DPRD Kalteng Optimis Pembahasan Dokumen Anggaran Tepat Waktu

 Rapat Paripurna ke-6, DPRD Kalteng Optimis Pembahasan Dokumen Anggaran Tepat Waktu

FOTO: Suasana Rapat Paripurna ke – 6 Masa Persidangan III (Ketiga) Tahun Sidang 2023 di ruang Rapat Gabungan DPRD Kalteng, Jalan S. Parman Kota Palangka Raya, Kamis (02/11/2023).

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar Rapat Paripurna ke – 6 Masa Persidangan III (Ketiga) Tahun Sidang 2023 dengan agenda pemandangan umum fraksi-fraksi pendukung DPRD provinsi Kalteng terhadap nota keuangan dan rancangan Perda provinsi Kalteng tentang rancangan APBD provinsi Kalteng T.A 2024. Rapat Paripurna ini berlangsung di ruang Rapat Gabungan DPRD Kalteng, Jalan S. Parman Kota Palangka Raya, Kamis (02/11/2023).

Rapat paripurna dipimpin oleh Wakil Ketua II DPRD Kalteng H. Jimmy Carter serta dihadiri oleh Wakil Gubernur Kalteng, H. Edy Pratowo dan Anggota DPRD Kalteng, perwakilan SOPD dan unsur Forkompinda di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah.

Pimpinan Rapat Paripurna, H. Jimmy Carter menyampaikan setelah mendengarkan pidato pengantar Gubernur Kalteng terhadap nota keuangan dan rancangan Perda provinsi Kalteng tentang rancangan APBD provinsi Kalteng T.A 2024 dalam rapat paripurna sebelumnya, maka selanjutnya kita akan mendengarkan pemandangan umum dari 7 (tujuh) fraksi pendukung DPRD Kalteng yang akan disampaikan oleh masing- masing juru bicaranya.

“Saya memberikan kesempatan secara bergantian kepada masing-masing juru bicara, dari 7 Fraksi Pendukung DPRD Kalteng untuk menyampaikan Pemandangan Umum terhadap nota keuangan dan rancangan Perda provinsi Kalteng tentang rancangan APBD provinsi Kalteng T.A 2024 ,” ujar Jimmy saat memimpin Rapat Paripurna.

Selanjutnya, masing-masing juru bicara Fraksi Pendukung DPRD Kalteng pun secara bergiliran memberikan Pemandangan Umumnya, dimulai dari H. Suhardi selaku juru bicara Fraksi PDI Perjuangan; H. Maruadi selaku juru bicara Fraksi Golkar; H. Muhajirin selaku juru bicara Fraksi Demokrat.

Lalu, Bryan Iskandar selaku juru bicara Fraksi NasDem; Kuwu Senilawati selaku juru bicara Fraksi Gerindra; Evi Kahayanti selaku juru bicara Fraksi PKB; serta Sengkon selaku juru bicara Fraksi GP4H (Gabungan Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Perindo dan Hanura).

Jimmy Carter menyampaikan secara umum masing-masing fraksi telah memberikan sejumlah catatan berupa masukan, pertanyaan serta usulan terhadap nota keuangan dan rancangan Perda provinsi Kalteng tentang rancangan APBD provinsi Kalteng T.A 2024. Namun demikian, terdapat sejumlah catatan, masukan dan saran yang harus ditindaklanjuti pemerintah, diantaranya anggaran pendidikan, pengelolaan kekayaan daerah, program penguatan sektor industri, penyesuaian belanja pengawai, dan lain sebagainya.

“Berkenaan dengan pertanyaan, masukan dan saran dari tujuh Fraksi Pendukung DPRD, kami minta jawaban dan tanggapan pemerintah sebagai penyempurna Rancangan APBD,” ucapnya.

Legislator Partai Demokrat ini mengaku optimis dengan waktu yang tersisa seluruh tahapan pembahasan dokumen anggaran tersebut dapat diselesaikan. Tentunya hal tersebut juga tidak lepas dari komitmen antar pihak, baik DPRD dan pemerintah provinsi.

“Kalau berjalan sesuai jadwal semua, ya kami yakin saja pembahasannya bisa lancar dan untuk pengesahannya pun bisa tepat waktu,” pungkas H. Jimmy Carter sembari menutup jalannya rapat paripurna.

Wartawan: MARIA

Editor: Yundhy Satrya

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!