Hadapi Bencana Alam dengan Destana

 Hadapi Bencana Alam dengan Destana

DESTANA – Pembukaan kegiatan pembentukan Desa Tangguh Bencana atau Destana Kabupaten Lamandau.

NANGA BULIK – Dalam upaya menyiapkan SDM yang mampu berperan dalam penanggulangan kebencanaan di daerah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lamandau kembali membentuk Desa Tangguh Bencana (Destana).

“Tujuan dari pembentukan Destana adalah untuk membentuk masyarakat yang memiliki kemampuan mandiri untuk beradaptasi di daerah rawan bencana, menghadapi ancaman bencana serta memulihkan diri dengan segera dari dampak yang merugikan,” ungkap Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Lamandau, Hendikel di Nanga Bulik, Rabu, (1/11).

Dirinya menyebut, peserta dari kegiatan pembentukan dan sosialisasi Destana merupakan warga dari Kelurahan Nanga Bulik, Desa Kujan dan Desa Batu Kotam, Kecamatan Bulik. Masing-masing desa atau kelurahan memiliki anggota berjumlah 25 orang.

“Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, tanggal 4 kemarin dilaksanakan registrasi peserta dan hari ini (5 Oktober 2023) pelaksanaan sosialisasi yang akan diisi oleh pemateri dari BPBD Provinsi Kalteng,” sebutnya.

Hendikel menambahkan, penanganan bencana alam di daerah menjadi tanggung jawab bersama, dari tiga pilar yang terlibat yakni pemerintah, masyarakat dan dunia usaha, untuk itu, secara bertahap Destana akan dibentuk desa-desa lain yang ada di Kabupaten Lamandau.(fit)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!