Faridawaty Dukung Program Kerja Organisasi ‘Kuli Bangunan’ SPKBP Palangkaraya

 Faridawaty Dukung Program Kerja Organisasi ‘Kuli Bangunan’ SPKBP Palangkaraya

FOTO: Wakil Ketua III DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Faridawaty Darlan Atjeh, S.E., M.M., saat menyerahkan bantuan bibit cabai, Rabu (22/11/2023). Foto Ist.

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – Wakil Ketua III DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Faridawaty Darlan Atjeh, S.E., M.M., menyampaikan apresiasi atas gagasan program kerja para kuli bangunan yang terhimpun kedalam Serikat Pekerja Kuli Bangunan Palangkaraya (SPKBP). Dimana, salah satu program kerja yang dijalankan oleh SPKBP, yakni ingin membagikan bibit cabai kepada masyarakat, dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan keluarga secara mandiri.

“Ya, pada pertemuan sebelumnya, pada tanggal 31 Juli 2023 lalu di DPRD Kalteng. Mereka (SPKBP, red) telah menyampaikan aspirasi dan rencana untuk menjalankan program kerja pembagian 1.000 bibit cabai kepada masyarakat, guna mewujudkan ketahanan pangan keluarga secara mandiri,” ujar Faridawaty, saat merealisasikan bantuan bibit cabai dari aspirasi SPKBP, Rabu (22/07/2023).

Menurut Ketua DPW Partai NasDem Kalteng ini, program kerja yang bagus tersebut memang patut didukung oleh seluruh pihak, baik itu wakil rakyat di DPRD Kalteng, pemerintah daerah, termasuk pula pihak swasta dan lainnya. Dukungan lainnya juga dinilai sangat perlu diberikan, yang mana harapannya itu dapat membantu pengembangan usaha masyarakat yang bersifat berkelanjutan.

“Salah satu program yang dinilai sangat bagus, yakni mereka (SPKBP, red) memiliki rencana untuk membagikan seribu bibit cabai kepada masyarakat, dengan maksud dan tujuan mendukung terwujudnya ketahanan pangan keluarga, melalui pemanfaatan lahan perkarangan yang ada,” ujarnya lagi.

Sementara itu, pada pertemuan sebelumnya, perwakilan SPKBP Turahman mengatakan rata-rata pengurus maupun anggota SPKBP berasal dari Pangkoh IX-Kabupaten Pulang Pisau. Dan, sekarang  sudah lama menetap dan beranak-cucu di Kota Palangka Raya. SPKBP ini keanggotannya berasal dari kalangan “kecil” yakni para kuli bangunan, pekerja kasar dan pedagang kecil dengan berbagai keterbatasan, namun tetap ingin berbagi kepada sesama.

“Ya, kami sangat bersyukur karena telah diundang oleh ibu anggota dewan. Tentunya, kami sangat berterima kasih atas tanggapan positif dari ibu Faridawaty yang mendukung program kerja kami, yakni membagikan 1.000 bibit kepada masyarakat, dengan maksud dan tujuan untuk mendukung terciptanya ketahanan pangan rumah tangga sekaligus pula memanfaatkan sisa lahan kosong yang ada di pekarangan rumah,” ujar dia.

Ia menuturkan adanya beberapa keluhan dari masyarakat, terutama dari kalangan ibu-ibu yang sempat mengeluhkan mahalnya harga cabai di pasar. Harapannya, melalui program kerja SPKBP ini, dapat sedikit membantu keluarga, setidaknya memenuhi kebutuhan rumah tangganya sendiri. Intinya, SPKBP hanya ingin membantu masyarakat sekaligus pula mendorong terciptanya ketahanan pangan keluarga secara mandiri.

Disisi lain, Ketua SPKBP Heri Santoso atau sapaan akrabnya Heri Yunus menyampaikan ucapan terima kasih kepada ibu Faridawaty, karena melalui beliau lah SPKBP bisa mendapatkan “jembatan” atau membuka jalan baru dalam menjalankan program kerja organisasi ini.

“Meski rata-rata keanggotaan SPKBP  ini berasal dari kalangan masyarakat kecil, itu bukan menjadi penghalang untuk kami berbagi kepada sesama. Sudah beberapa aksi sosial yang telah dilakukan, diantaranya membantu warga terdampak banjir di Banjarmasin, mengikuti program bedah rumah yang dilaksanakan oleh Baznas provinsi yang saat itu juga didampingi oleh bapak angkat dari Kodim 1016/Palangkaraya, dan masih ada lagi beberapa aksi sosial lainnya,” tandasnya. (YS)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!