Dr Rinto Alexandro Resmi Dilantik jadi Dekan FKIP UPR 2023-2027

 Dr Rinto Alexandro Resmi Dilantik jadi Dekan FKIP UPR 2023-2027

FOTO:Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Palangka Raya (FKIP-UPR) periode 2023-2027, Dr. Rinto Alexandro, S.E., M.M., secara resmi dilantik, Rabu (15/11/2023) sore.

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Palangka Raya (FKIP-UPR) periode 2023-2027, Dr. Rinto Alexandro, S.E., M.M., secara resmi dilantik, Rabu (15/11/2023) sore kemaren, di Aula Rahan, Lantai 2 Gedung Rektorat UPR, Jalan Hendrik Timang, Kota Palangkaraya.

Pelantikan dilakukan secara langsung oleh Rektor UPR, Prof. Dr. Ir. Salampak, M.S. yang dihadiri oleh Pj. Walikota Palangka Raya, Dr. Dra. Hera Nugrahayu, M.Si serta unsur pimpinan di Rektorat, Direktur Pascasarjana, Dekan dan Wakil Dekan serta Ketua Lembaga dan Kepala UPT.

Pada kesempatan tersebut, Dekan FKIP UPR, Dr. Rinto Alexandro, S.E., M.M., menyampaikan dirinya akan fokus  dan sesegeranya melakukan upaya pembenahan di seluruh jurusan dan program studi di lingkungan FKIP UPR, terutama dalam upaya meningkatkan akreditasi, serta peningkatan kualitas sumberdaya manusia di lingkungan FKIP UPR Unggul, Berkarakter dan Berdaya Saing Global.

“Sesuai dengan arahan dari Rektor UPR tadi, tentunya kami akan sesegeranya menindaklanjuti  hal tersebut.  Saya juga telah mendesign visi dan misi beserta sejumlah program kerja, terutama dalam upaya meningkatkan akreditasi, serta percepatan peningkatan kualitas SDM di lingkup FKIP UPR, dalam hal percepatan peraihan Guru Besar. Upaya percepatan peningkatan kenaikan pangkat, dari Lektor ke Lektor Kepala, dan dari Lektor Kepala ke Guru Besar,” kata Rinto sapaan akrabnya ini.

Lanjut Rinto mengutarakan sesuai arahan pimpinan universitas, di tahun 2024 nanti, semua anggaran itu berdasarkan reward and funishment. “Jadi, dalam hal implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, utamanya penelitian yang dilakukan oleh setiap dosen akan diberikan reward and funisment,” katanya lagi.

ia juga menyebutkan saat ini FKIP UPR sudah memiliki kurang lebih 11 orang dosen bergelar guru besar, kemudian ada 2 orang yang sedang berproses penilaian guru besarnya. 

“Saat ini, dari 290 orang dosen, dimana kurang lebih 70 orang diantaranya sudah memiliki tingkat pendidikan doktor (S3). Nah, dari 70 orang itulah yang akan kami dorong untuk bisa sesegaranya mengurus kenaikan pangkatnya, dari Lektor menjadi Lektor Kepala, dan dari Lektor Kepala ke Guru Besar. Bahkan, saya sendiri di tahun depan akan mengurus kenaikan pangkat ke Guru Besar,” ujarnya menambahkan.

Tak hanya itu, Dr. Rinto juga menuturkan bahwa pihaknya terus berkomitmen melakukan peningkatan di sektor lainnya, baik itu dari sarana dan prasarana di lingkungan FKIP UPR. 

Hal penting lainnya, yakni pihaknya akan menghindari adanya 3 dosa besar yakni perundungan, kekerasan seksual, dan intoleransi terjadi baik dilingkungan UPR, terlebih dilingkungan FISIP.

“Kami akan terus berkomitmen agar hal tersebut tidak terjadi. Kita berharap semua tenaga kependidikan dan tenaga pendidik di lingkungan FKIP UPR paham terhadap 3 dosa besar tersebut. Kita juga akan terus menjaga agar lingkungan kampus yang terbuka, tidak ada bimbingan-bimbingan kepada mahasiswa di luar jam perkuliahan berlangsung,” tandasnya. (YS)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!