‘TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju’, Pangdam XII/Tanjungpura Pimpin Upacara HUT TNI Ke-78 Tahun

 ‘TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju’, Pangdam XII/Tanjungpura Pimpin Upacara HUT TNI Ke-78 Tahun

FOTO: Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Iwan Setiawan saat meninjau Pasukan pada Upacara HUT TNI ke-78 Tahun, Kamis (05/10/2023) pagi, di Makorem 102/Panju Panjung.

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id –  Mayjen TNI Iwan Setiawan, S.E., M.M., menyampaikan TNI telah hadir dan menjalankan amanah menjadi garda terdepan, sekaligus menjadi benteng terakhir dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) selama 78 Tahun. Berbagai ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan terhadap kedaulatan negara dan keutuhan wilayah  NKRI telah berhasil diatasi dengan sangat baik. Demikian hal itu disampaikan oleh Pangdam XII/Tanjungpura saat membacakan pidato Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dalam Upacara HUT TNI ke-78 Tahun di Kalteng, Kamis (05/10/2023) pagi, di Makorem 102/Panju Panjung, Jalan Imam Bonjol, Kota Palangka Raya.

“Berdasarkan hasil survey dari berbagai lembaga survey, TNI telah mendapat tingkat kepercayaan yang tinggi, baik itu di dalam maupun di luar negeri. Untuk itu, saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh prajurit. Peringatan HUT TNI ke-78 tahun ini mengusung tema ‘TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju’ yang mengandung makna bahwa kekuatan TNI sebagai komponen utama kekuatan negara berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen negara, dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan Indonesia yang semakin berdaulat, mandiri, maju dan sejahtera,” ujar Pangdam XII/Tanjungpura.

Lanjut Mayjen TNI Iwan Setiawan, S.E., M.M., menyebut salah satu tantangan yang dihadapi oleh negara Indonesia, dalam waktu dekat ini, adalah Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024. Dimana, akan segera dilaksanakan  pemilihan presiden, pemilihan legislatif dan pemilihan kepala daerah yang dilaskanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia.

“Kesuksesan agenda pesta demokrasi, melalui Pemilu 2024 mendatang, menjadi hal yang sangat penting dalam menentukan perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara kedepan. Maka dari itu, kepada seluruh prajurit TNI dituntut untuk bisa peka dan antisipatif terhadap dinamika dan perkembangan situasi bangsa. TNI berkomitmen untuk menjamin keamanan dan kelancaraan dalam rangka mendukung kesuksesan Pemilu 2024 mendatang, supaya dapat berjalan dengan aman, lancar dan sejuk,” ujarnya lagi.

Tak lupa, Mayjen Iwan Setiawan juga menyampaikan prajurit TNI dituntut untuk semakin profesional dan manunggal bersama masyarakat. Setiap prajurit juga dituntut untuk menjaga netralitas TNI, ikuti seluruh aturan, pedoman, perintah yang diberikan dalam sikap dan tindakan, perkuat sinergitas TNI dan Polri beserta komponen bangsa lainnya. Kemudian, menjaga nama baik TNI dan melaksanakan sumpah prajurit TNI.

Sekedar menginformasikan, Upacara HUT TNI ke-78 Tahun juga dihadiri Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran beserta istri, Wakil Gubernur Kalteng, Kapolda Kalteng Irjen Pol Nanang Avianto beserta jajaran, Wakil Ketua I DPRD Kalteng Ir, H, Abdul Razak, unsur pejabat utama Kodam XII/Tanjungpura, unsur pejabat utama Korem 102/Panju Panjung, unsur Forkompimda dan para tamu undangan lainnya.

Pada rangkaian HUT TNI ke-78 Tahun di Palangka Raya, juga diisi dengan pameran hasil produk UMKM, layanan kesehatan dan sunat masal gratis, dan penyerahan bantuan sosial, serta panggung hiburan dengan menghadirkan sederet artis lokal dan artis ibukota. (YS)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!