Tingkatkan Perekonomian Daerah, Digitalisasi UMKM itu Penting

 Tingkatkan Perekonomian Daerah, Digitalisasi UMKM itu Penting

Foto Asisten Ekbang Setda Prov. Kalteng Sri Widanarni saat melakukan sesi foto bersama.

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – Pengembangan Usaha mikro kecil menengah (UMKM) merupakan hal yang sangat penting untuk terus dilakukan, terutama dalam rangka meningkatkan daya saing ekonomi daerah. Salah satu upaya untuk mengembangkan UMKM adalah dengan memanfaatkan media dan digitalisasi. Pemanfaatan digitalisasi UMKM adalah perubahan dari sistem konvensional ke digital sebagai upaya untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses bisnis dan operasional UMKM, digitalisasi UMKM membuat pelaku usaha UMKM mengubah pengelolaan bisnisnya dari praktik konvensional ke modern.

Demikian hal itu disampaikannya oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Setda Prov. Kalteng Sri Widanarni mewakili Gubernur Kalteng pada kegiatan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) I DPD Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Prov. Kalteng, yang diselenggarakan di Hotel Best Western Palangka Raya, Selasa (03/10/2023)

Menurutnya, pemanfaatan pemasaran digital bagi UMKM merupakan langkah tepat sehingga pengusaha dapat terhubung dengan mudah dengan konsumen secara online, konversi penjualan yang lebih tinggi bagi konsumen tertarget, biaya pemasaran yang lebih hemat, dan dapat melayani konsumen secara real time.

“Kepada para pelaku UMKM, saya mengajak untuk terus meningkatkan kapasitas dan daya saing usaha. Saya yakin, dengan kerja keras dan sinergi dari semua pihak, UMKM di Kalimantan Tengah dapat terus berkembang dan menjadi penggerak perekonomian daerah. Media dan digitalisasi dapat digunakan untuk memperluas akses pasar, meningkatkan promosi, dan meningkatkan efisiensi usaha,” ujarnya.

Senada dengan hal tersebut, Dewan Pembina DPD IWAPI Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran berharap melalui kegiatan ini, pemasaran Produk UMKM di jangkau secara luas untuk mendukung perekonomian Indonesia.

“Harapannya tentunya digitalisasi pemasaran produk UMKM ini dapat menjangkau lebih banyak audies, sehingga produk tersebut tidak hanya dikenal oleh kalangan tertentu saja, melainkan dikenal secara nasional bahkan internasional. UMKM sejatinya merupakan salah satu ujung tombak untuk mendukung perekonomian Indonesia. Para pelaku usaha dan UMKM dapat mengembangkan berbagai gagasan baru di bidang kewirausahaan sosial untuk turut berkontribusi dalam memecahkan berbagai persoalan sosial ekonomi masyarakat, ” tandasnya.

Untuk diketahui, kegiatan ini dihadiri oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu, Unsur Forkopimda, Wakil Ketua Umum I DPP IWAPI, Tatyana S. Sutara, Ketua DPD IWAPI Prov. Kalteng, Hj. Asty Rizky Badjuri, Kepala Otoritas Jasa Keuangan Kalteng Otto Fitriandy, Ketua KADIN Daerah Prov. Kalteng Hamka, Peserta
Musyawarah, dan Dewan Pengurus Cabang Teladan Kapuas.

Wartawan: MARIA

Editor: Yundhy Satrya

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!