Teladani Semangat Juang para Pahlawan, Edy Ajak Masyarakat Junjung Tinggi Nilai-nilai Pancasila 

 Teladani Semangat Juang para Pahlawan, Edy Ajak Masyarakat Junjung Tinggi Nilai-nilai Pancasila 

FOTO: Wagub Kalteng H. Edy Pratowo S.Sos., M.M saat memimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 yang berlangsung di Aula Jayang Tingang (AJT), Kantor Gubernur Kalimantan Tengah, Minggu (01/10/2023).

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – Peringatan Hari Kesaktian Pancasila merupakan momentum bagi seluruh rakyat Indonesia sebagai penghormatan terhadap seluruh pahlawan yang gugur dalam melakukan tugasnya untuk melindungi Pancasila dan mengingat perjuangan pahlawan sebagai usaha untuk membentengi peranan Pancasila sebagai dasar negara serta sebagai ideologi bangsa.

Demikian hal itu disampaikan oleh Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Edy Pratowo S.Sos., M.M saat memimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 yang berlangsung di Aula Jayang Tingang (AJT), Kantor Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng).

“Hari ini kita melaksanakan Hari Kesaktian Pancasila dan ini kita menjadikannya sebagai momentum untuk mengenang para pahlawan revolusi yang telah gugur pada saat kegiatan G30S PKI. Tentunya makna yang dapat kita ambil dari peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini yaitu kita memiliki pedoman pandangan dasar persiapan negara Pancasila sebagai benteng kekuatan kita yang mengandung lima sila,” ujar Edy, Minggu (01/10/2023).

Untuk diketahui berdasarkan Surat Edaran Mendikbudristek RI Nomor: 31328/MPK.F/TU.02.03/2023, Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini diselenggarakan secara luring di kantor masing-masing, baik di tingkat Pusat, Pemerintah Daerah, Kantor Perwakilan RI di luar Negeri dan juga satuan pendidikan.

Lanjut Edy menyampaikan upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) kali ini dilaksanakan di dalam ruangan, dikarenakan meningkatnya polusi asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di sejumlah wilayah tetapi hak tersebut jangan menjadi halangan untuk masyarakat memaknai Hari Kesaktian Pancasila dan menjadi momentum untuk bersama-sama mempererat persatuan dan kesatuan.

“Makna yang kita ambil dari peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini ialah bahwa kita memiliki pedoman pandangan dasar filsafah negara yaitu Pancasila. Harapan bukan hanya sekedar menjadi momentum seremonial saja melainkan menjadi wadah untuk mempererat persatuan dan kesatuan,” ujar Wagub.

Ia berharap melalui Peringatan Hari Kesaktian Pancasila masyarakat Kalteng dapat mengambil pelajaran akan pentingnya sikap mencintai tanah air, menjunjung tinggi dasar negara dan mengamalkan pancasila.

“Dengan peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini masyarakat Kalteng dapat mengambil pelajaran akan pentingnya sikap mencintai tanah air, menjunjung tinggi dasar negara dan mengamalkan pancasila. Selain itu mari kita bersama-sama menangani masalah saat yang melanda Kalteng, yaitu polusi udara akibat Karhutla, ” tutup Wagub.

Sebagai informasi, saat ini tingkat polusi udara di Kalteng dalam kategori tidak sehat, adapun sehabis upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Wagub Kalteng bersama-sama dengan pihak-pihak terkait bekerjasama memadamkan api akibat Karhutla disejumlah titik yang menjadi lokasi kebakaran.

Wartawan: MARIA

Editor: Yundhy Satrya 

 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!