Mewujudkan Kemandirian Pangan Keluarga, Tim PDPWM FT UPR Sosialisasikan Konsep ‘Green Kampung’ di Bantaran Sungai Kahayan

 Mewujudkan Kemandirian Pangan Keluarga, Tim PDPWM FT UPR Sosialisasikan Konsep ‘Green Kampung’ di Bantaran Sungai Kahayan

FOTO: Keterlibatan Akademisi Tim Pengabdian FT UPR dalam program PDPWM bermitra dengan ibu-ibu pengajian sosialisasi Green Kampung di Kelurahan Pahandut Seberang.

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – Dalam rangka mendukung terciptanya kemandirian pangan keluarga, dengan memanfaatkan lahan pekarangan dan ruang terbuka di wilayah Kelurahan Pahandut Seberang, Kecamatan Pahandut, Kota Palangka Raya maka Tim Program Dosen Pendamping Wirausaha Masyarakat (PDPWM) dari Fakutas Teknik Universitas Palangka Raya (FT-UPR) melakukan sosialisasi konsep ‘Green Kampung’  dengan menyasar (target, red) ibu-ibu rumah tangga dan generasi muda (remaja putri)  bermukim di  bantaran sungai Kahayan, Kota Palangka Raya. Demikian hal itu disampaikan oleh Ketua Tim PDPWM FT UPR, Dr. Noor Hamidah, ST., MUP., kepada redaksi Kaltengnews.co.id, Minggu (15/10/2023).

Dr. Noor Hamidah, ST., MUP., menjelaskan konsep ‘Green Kampung’ merupakan suatu ide dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) kali ini, dengan memanfaatkan lahan perkarangan dan ruang terbuka yang ada di sekitar, diharapkan masyarakat masih bisa bercocok tanam dan melakukan budidaya berbagai varietas sayur-sayuran maupun buah-buahan, dari bahan yang sangat mudah didapat dan bisa didaur ulang, harapannya itu juga bisa menjadi sumber pendapatan alternatif keluarga.

Adapun Tim PDPWM FT UPR, terdiri atas Dr. Noor Hamidah, ST., MUP, (Ketua); Dwi Anung Nindito, ST., M.T;  Frieda, ST., MT., (Dekan FT-UPR) dan Dr. Mahdi Santoso, S.Hut M. Sc.

“Kegiatan ini merupakan wujud nyata implementasi Tri Darma Perguruan Tinggi. khususnya dalam hal pengabdian kepada masyarakat, sebagai tindak lanjut kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) sekaligus upaya meningkatkan pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) dari Kemendibudristekdikti dan IKU Rektor UPR,” ujar dia.

Lanjut Dr. Noor Hamidah menerangkan program ini merupakan salah satu upaya dari Universitas Palangka Raya, melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UPR, dengan memberikan kesempatan bagi para dosen maupun peneliti UPR untuk melaksanakan program pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. 

Sekedar diketahui bahwa Tim PDPWM FT UPR memperoleh Program Dosen Pendamping Wirausaha Masyarakat (PDPWM). Dimana, kegiatan yang dilaksanakan yakni pemanfaatan lahan pekarangan rumah dan ruang terbuka di Kelurahan Pahandut Seberang, Kecamatan Pahandut, Kota Palangka Raya.

ia menuturkan Tim PDPWM FT UPR pada tahun 2020 lalu telah melakukan kegiatan pengabdian yakni berkenaan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) melalui teknologi septic tank pada rumah panggung yang sekarang lebih familiar dikenal dengan istilah   Repeated Processing Septictank (RPS) dan tahun 2021 telah mengimplementasikan kegiatan urban farming skala rumahan. 

Dan, kini Tim PDPWM FT UPR mewakili Tim Teknik melakukan rangkaian kegiatan sosialisasi pengenalan green kampung yaitu pemanfaatan lahan pekarangan dan ruang terbuka dimanfaatkan untuk menanam sayur-sayuran dan buah-buahan.

“Konsep green kampung sebagai ide dalam kegiatan pengabdian kali ini dengan sasaran masyarakat yang bermukim di kawasan tepian sungai,” ujarnya lagi.

Dr. Noor Hamidah mengatakan pengenalan ini dilakukan dengan sasaran ibu-ibu rumah tangga sebagai mitra yang bertujuan untuk mengenalkan pentingnya sayur dan buah bagi anggota keluarga sebagai sumber protein, nutrisi dan vitamin sebagai pembentuk daya tahan tubuh.

“Kegiatan sosialisasi ini dilakukan sebagai pengenalan awal pendampingan kepada masyarakat yang berada di sepanjang bantaran Sungai Kahayan, tepatnya kepada warga di wilayah RT.03/RW.02, Kelurahan Pahandut Seberang, Kecamatan Pahandut, Kota Palangka Raya,” terang dia.

ia menguraikan warga diinisiasi agar mampu mengolah lahannya untuk penyediaan pangan rumah tangga seperti sayur dan buah. Pekarangan rumah, ruang terbuka dan jalan titian dapat digunakan sebagai media yang dapat ditanami tanaman kebutuhan harian sayur dan buah.

“Sosialisasi green kampung bertujuan menstimulasi masyarakat tepian sungai untuk memanfaatkan area pekarangan terbatas dan ruang terbuka untuk menanam buah dan sayur sebagai implementasi green kampung di Kelurahan Pahandut Seberang,” terangnya lagi.

Pada tahap awal, ia menerangkan Tim PDPWM FT UPR menemui Ketua RT.02.RW untuk memperoleh ide-ide awal apa yang diperlukan masyarakat di lingkungan permukiman, di kawasan tepian Sungai Kahayan. Sasaran sosialisasi adalah para ibu-ibu dan remaja putri.

“Selanjutnya, Tim PDPWM FT UPR juga bermitra dengan Ibu-ibu dan remaja di RW 02/RW 03 Kelurahan Pahandut Seberang dan masyarakat dalam rangka pengabdian dengan cara memanfaatkan pekarangan untuk tanaman kebutuhan sehari-hari,”

“Selama kegiatan berlangsung, ibu-ibu pengajian di  wilayah setempat tampak sangat berantusias dan mendukung kegiatan sosialisasi green kampung, melalui pelatihan menanam tanaman dalam bahan daur ulang baik gelas plastik, botol maupun galon,” kata dia menambahkan.

Tak hanya itu, Dr. Noor Hamidah mengutarakan bahwa Tim PDPWM FT UPR dalam melaksanakan sosialisasi, dimulai dari tahap pembelajaran tanaman yang mudah tumbuh, penentuan jenis tanaman sayur ataupun buah, teknik  menanam dan merawat tanaman sayur dan buah yang mudah hidup. 

“Sedangkan untuk jangka panjang, hal ini menjadi peluang wirausaha masyarakat tepian sungai dari hasil sosialisasi tanaman sebagai bagian program konsep green kampung yang ramah lingkungan dan tanggap akan ketahanan pangan, sehingga diharapkan nantinya akan dijadikan percontohan di kelurahan-kelurahan lainnya di Kota Palangka Raya,” harapnya.

Mewakili Tim PDPWM FT UPR, Dr. Noor Hamidah juga menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada Rektor UPR Prof. Dr. Ir. Salampak, M.S. dan ketua LPPM  Dr. Ir. Evi Veronica Pahoe, M.P. atas kesempatan mengimplementasikan pengabdian Green Kampung ini. 

“Saya, juga mengucapkan Terima Kasih kepada Ibu-ibu Pengajian di Kelurahan Pahandut Seberang, Kecamatan Pahandut, Kota Palangka Raya yang sudah turut berpartisipasi dalam kegiatan sosialisasi ini. Dan, semoga harapannya konsep Green Kampung ini selanjutnya dapat bermanfaat bagi masyarakat di masa sekarang dan akan datang,” demikian tutup Dr. Noor Hamidah, ST., MUP., (YS)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!