Jelang Pemilu 2024, Razak Dukung Netralitas dan Sinergitas TNI 

 Jelang Pemilu 2024, Razak Dukung Netralitas dan Sinergitas TNI 

FOTO: Wakil Ketua I DPRD Provinsi Kalteng Ir. H Abdul Razak usai mengikuti HUT TNI ke-78 di Makorem 102/Panju Panjung, Kamis (05/10/2023) di Palangka Raya.

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – Wakil Ketua I DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Ir. H Abdul Razak menyampaikan HUT TNI ke-78 kali ini tentu istimewa karena bersamaan dengan momentum persiapan Pemilu 2024 mendatang sehingga penting sekali diingatkan agar TNI menjaga kenetralannya dalam pemilu karena sejatinya TNI harus berada di atas semua kepentingan politik.

“Peran TNI akan lebih baik fokus pada upaya menjamin keamanan Pemilu mendatang agar berjalan aman dan damai. TNI diharapkan dapat mengantisipasi terjadinya kerawanan pemilu seperti kekerasan, kerusuhan berbasis suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) yang dapat melibatkan tokoh-tokoh politik dan pemerintahan, ” ujar Razak, usai mengikuti upacara peringatan HUT TNI ke-78 Tahun, Kamis (05/10/2023) pagi, di Makorem 102/Pjg, Kota Palangka Raya.

Lanjut dewan pertimbangan partai Golkar ini mengharapkan melalui HUT TNI ke-78, masyarakat dan generasi penerus dapat meneladani sikap patriotisme serta turut bersinerginya dengan TNI maupun Polri dalam memaksimal menjalankan tugas dan tanggungjawab sebagai bagian dari NKRI.

“Tetap jaga sinergitas bersama TNI maupun Polri dan tetap jaga netralitas baik itu dari kalangan masyarakat maupun TNI serta tetap pelihara watak kesatria,” ujar dia lagi.

Tidak hanya itu, Rasak juga meminta TNI untuk menjaga kondisi tetap damai dan memberi pemahaman ke masyarakat terkait pemilihan di tahun 2024 mendatang sehingga selaras dengan tema yang diangkat pada HUT TNI ke-78 ini yaitu “TNI Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju”.

“Kita akan segera telah memasuki tahun politik karena itu, tetap jaga kondisi damai karena sejatinya TNI merupakan salah satu instansi yang mendapat kepercayaan tinggi dari masyarakat, ” tandas Razak.

Senada dengan hal tersebut Gubernur Kalteng Sugianto Sabran mengajak seluruh komponen di Kalteng untuk bersama-sama berpartisipasi aktif mendukung penyelenggaraan setiap tahapan Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024 agar dapat berjalan sukses, aman dan damai.

“Kiranya seluruh komponen masyarakat Kalimantan Tengah turut serta berpartisipasi dalam penyelenggaraan Pemilihan pada tahun 2024 mendatang sehingga kegiatan tersebut dapat berjalan dengan sukses, aman dan damai, ” demikian pesan Gubernur Kalteng seraya menutup wawancara.

Wartawan: MARIA

Editor: Yundhy Satrya 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!