Tim Kesenian Kalteng Wakili Indonesia pada China-ASEAN EXPO 2023 di Guangxi-Nanning, RRT

 Tim Kesenian Kalteng Wakili Indonesia pada China-ASEAN EXPO 2023 di Guangxi-Nanning, RRT

FOTO: Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Ma`aruf Amin, Perdana Menteri Republik Rakyat Tiongkok Yang Mulia Li Qiang Ketua TP-PKK Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran, dan Wagub Kalteng Edy Pratowo. (Foto Ist.)

Guangxi-Nanning, RRT, Kaltengnews.co.id – Tim kesenian Kalteng mendapatkan suatu kesempatan istimewa dan kebanggaan, untuk mewakili Indonesia dalam mempromosikan produk unggulan dan seni budaya di kancah Asean, di event China ASEAN EXPO (CAEXPO) 2023, pada 16 – 20 September 2023, di Nanning, Guangxi, RRT.

Sekedar menginformasikan CAEXPO 2023 merupakan event pameran internasional sebagai etalase produk unggulan dan seni budaya yang diikuti oleh seluruh negara anggota ASEAN.

Pembukaan CAEXPO 2023 dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Ma`aruf Amin bersama Perdana Menteri Republik Rakyat Tiongkok Yang Mulia Li Qiang, Minggu (17/9/2023) di Gedung City of Charm CAEXPO, Guangxi-Nanning.

Rombongan delegasi Tim Kesenian Kalteng, diantaranya diikuti oleh Ketua TP-PKK Provinsi Kalimantan Tengah Ivo Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo, serta kurang lebih 70 orang rombongan yang membawakan misi untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk unggulan dan seni budaya Kalteng.

Tim Promosi Produk Unggulan dan Seni Budaya Kalteng, terdiri atas penari dan pemain musik yang menyajikan tarian tradisional Kalimantan Tengah.

Selain itu, juga dilakukan fashion show oleh para Jagau dan Bawi Nyai serta Duta Remaja Kalimantan Tengah. Penampilan tarian dan fashion show sedari awal sampai berakhirnya event mendapatkan sambutan yang luar biasa dari para pengunjung yang kagum akan gerak tari, musik dan corak busana Kalimantan Tengah.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kalteng, Adiah menyampaikan ini menjadi suatu amanah sekaligus pula kepercayaan yang sangat luar biasa kepada Tim Kesenian Kalteng untuk mewakil Indonesia di kancah Asean, dalam event CAEXPO 2023.

“Ini merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi kita bahwa Kalteng ditunjuk untuk mewakili Indonesia dalam CAEXPO-ASEAN 2023 ini. Budaya Kalimantan Tengah menjadi semakin terkenal di dunia internasional dan mengharumkan nama bangsa Indonesia,” kata dia, di sela-sela kegiatan.

Adapun tarian yang ditampilkan pada CAEXPO-ASEAN 2023 merupakan garapan tarian dan musik yang berjudul Tari Kinyah Mandau, Tari Bagondang, Tari Manugal, Tari Babukung, dan Tari Gelang Dadas Bawo.

Selanjutnya, ditampilkan pula satu karya tarian rampai berjudul Tari Pumpung Pakat yang merupakan kolaborasi semua materi tari dan musik ditampilkan. Tari kolaborasi ini menggambarkan keberagaman etnis dari berbagai wilayah daerah aliran sungai di Kalimantan Tengah, sekaligus mencerminkan semangat persatuan dan kesatuan masyarakat majemuk Kalimantan Tengah yang hidup rukun damai berlandaskan falsafah Huma Betang.

Selain penampilan tari, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah juga menampilkan karya busana koleksi Hapakat karya desainer Anto Aboza yang berkolaborasi dengan karya batik benang bintik koleksi butik Dyah Chandra (DC), yang ditutup dengan penampilan karungut oleh Tim Kesenian Disbudpar Kalteng. (*)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!