Menuju Akreditasi Unggul, Prodi S1 Manajemen FEB UPR bersama LP3MP UPR Melaksanakan Audit Mutu Internal

 Menuju Akreditasi Unggul, Prodi S1 Manajemen FEB UPR bersama LP3MP UPR Melaksanakan Audit Mutu Internal

FOTO: Unsur Pimpinan dan Dosen Prodi S1 Manajemen FEB dan Tim Asesmen dari LP3MP UPR melakukan sesi foto bersama, usai melaksanakan kegiatan Audit Mutu Internal, Rabu (27/09/2023) pagi di Ruang L2, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPR, Jalan Hendrik Timang, Kota Palangka Raya.

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – Dalam rangka memastikan terlaksananya jaminan mutu pendidikan tinggi, sekaligus upaya nyata untuk mewujudkan  Indikator Kinerja Utama (IKU) Rektor maupun Kemendikburistek RI, serta sebagai persiapan menghadapi rangkaian tahap reakreditasi menuju Akreditasi Unggul, maka Program Studi (Prodi) S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UPR bersama Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3MP) Universitas Palangka Raya (UPR) melaksanakan kegiatan Audit Mutu Internal (AMI), Rabu (27/09/2023) pagi di Ruang L2, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPR, Jalan Hendrik Timang, Kota Palangka Raya.

Kepada redaksi Kaltengnews.co.id, Wakil Dekan Bidang Akademik FEB UPR, Prof. Dr. Irawan, M.Si., menyampaikan audit mutu intenal ini merupakan kegiatan yang dinilai sangat penting bagi setiap perguruan tinggi, terlebih khususnya bagi Prodi S1 Manajemen FEB UPR. Saat ini, Prodi S1 Manajemen FEB UPR telah diasesmen oleh tim asesmen (auditor, red) dari LP3MP UPR, dimana salah satunya terkait  proses pembelajaran yang sudah dilaksanakan, apakah sudah atau belum memenuhi standar pendidikan tinggi yang ada.

“Dalam kegiatan audit mutu internal hari ini, tim asesmen dari LP3MP UPR telah memberikan sejumlah rekomendasi penting, sesuai Standar Operasional Prosedur atau SOP yang semestinya diikuti oleh setiap program studi yang ada di lingkup UPR ini, termasuk pula Prodi S1 Manajemen FEB UPR. Dan, terkait hasil monitoring dan evaluasi tersebut, hendaknya dapat sesegeranya ditindaklanjuti,” kata Wakil Dekan bidang Akademik FEB UPR.

FOTO: Audit Mutu Internal yang dilaksanakan oleh Prodi S1 Manajemen FEB UPR bersama LP3MP UPR, Rabu (27/09/2023) pagi di Ruang L2, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPR, Jalan Hendrik Timang, Kota Palangka Raya.

Sebagai unsur pimpinan di FEB UPR, Prof. Dr. Irawan, M.Si., juga meminta seraya mendorong kepada seluruh civitas akademika di Prodi S1 Manajemen FEB UPR, supaya sesegeranya menindaklanjuti rekomendasi yang telah disampaikan oleh tim asesmen dari LP3MP UPR sehingga harapannya dapat memperoleh predikat telah memenuhi standar pendidikan tinggi yang ada.

“Kedepan, semua indikator-indikator penilaian yang diminta agar sesegeranya dapat dilengkapi. Harapannya, tim dari Prodi S1 Manajemen FEB UPR dapat mengambil bagian apa yang menjadi tanggungjawab prodi, begitupun fakultas akan mengambil apa yang menjadi tanggungjawabnya. Sehingga borang akreditasi yang sekarang sedang disusun ini dapat semakin lengkap,” katanya lagi.

Sementara itu, mewakili Tim Asesmen dari LP3MP UPR, Shanty Savitri, S.Si., M.Si., menyampaikan berdasarkan hasil penilaian, monitoring, dan evaluasi diketahui bahwa Prodi S1 Manajemen FEB UPR sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan cukup baik.

“Namun demikian, memang masih ada beberapa sisi yang perlu dilengkapi lagi, seperti melengkapi beberapa file dokumen, diantaranya dokumen kurikulum,  melengkapi RPS (Rencana Pembelajaran Semester), serta beberapa bukti-bukti dokumen penunjang lainnya yang dianggap perlu untuk dilengkapi seperti adanya SOP yang berlaku di program studi, sesuai dengan tupoksi masing-masing unit yang ada,” ujar dia.

FOTO: Audit Mutu Internal yang dilaksanakan oleh Prodi S1 Manajemen FEB UPR bersama LP3MP UPR, Rabu (27/09/2023) pagi di Ruang L2, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPR, Jalan Hendrik Timang, Kota Palangka Raya.

Disisi lain, Ketua Program Studi (Kaprodi) S1 Manajemen FEB UPR, Dr. Meitiana, MM menyampaikan kegiatan audit mutu internal ini adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh LP3MP UPR, dengan mengirimkan 3 auditor ke Prodi S1 Manajemen FEB UPR, guna monitoring dan evaluasi (Monev) sesuai standar penjaminan mutu internal Universitas Palangka Raya.

“Beberapa kegiatan ini, juga bertujuan untuk mendukung pencapaian Indikator Kinerja Utama dan meningkatkan kompetensi lulusan dari Prodi S1 Manajemen FEB UPR. Berdasarkan hasil audit, Prodi S1 Manajemen FEB UPR telah melaksanakan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan standar yang ada, baik itu dari sisi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang melibatkan mahasiswa, dimana rata-rata alumni lulus dengan IPK kelulusan 3,6, dan lulus dalam waktu studi 4 tahun,” urainya.

Dr. Meitiana, M.M., mengatakan melalui audit mutu internal hari ini, pihaknya juga telah menerima sejumlah masukan yang sangat penting. Dimana masukan-masukan tersebut, diantaranya mulai dari dokumen-dokumen kurikulum, RPS, Standar proses pembelajaran, Standar Monitoring dan Evaluasi.

“Semuanya itu, berkaitan dengan kualitas pembelajaran di Prodi S1 Manajemen FEB UPR yang sudah berjalan selama ini. Tak dapat kami pungkiri bahwa masih ada banyak keterbatasan yang dihadapi, meski demikian kami tetap berupaya keras untuk melengkapi sejumlah catatan yang telah disampaikan tadi. Selanjutnya, kami akan terus bekerja keras untuk melengkapi segala dokumen yang diminta, terlebih pada tanggal 6 Oktober 2023 nanti, merupakan batas akhir untuk meng-upload dokumen reakreditasi Prodi S1 Manajemen FEB UPR. Harapannya, akreditasi program studi saat ini Baik Sekali bisa semakin meningkat bahkan bisa meraih akreditasi Unggul,” harapnya.

Selanjutnya, Dr. Meitiana, M.M. juga mengutarakan Prodi S1 Manajemen FEB UPR telah menjalin sejumlah kerjasama dengan berbagai pihak, diantaranya melakukan kerjasama dengan universitas luar negeri seperti Malaysia dan Timor Leste, dalam kegiatan kelas Bilingual. Sehingga diharapkan melalui kegiatan audit mutu internal ini, dapat mendukung Prodi S1 Manajemen FEB UPR mendapatkan Akreditasi Unggul. (YS)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!