Hadapi Pemilu 2024, Dewan Pers Gelar Workshop Peliputan Pemilu

 Hadapi Pemilu 2024, Dewan Pers Gelar Workshop Peliputan Pemilu

FOTO : Suasana Workshop Peliputan Pemilu 2023 yang digelar Best Western Hotel, Selasa (12/09/2023).

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – Ketua Dewan Pers RI, Dr. Ninik Rahayu, S.H., M.S, melalui Anggota Dewan Pers, Asmono Wikan menyampaikan banyak aspek yang harus diperhatikan selama pelaksanaan peliputan pemilu, apalagi saat ini kita tengah menghadapi pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2024.

Demikian hal ini disampaikan dalam Workshop Peliputan Pemilu kepada sejumlah insan pers dari media cetak, cyber, elektronik, televisi, dan radio, Selasa (12/09/2023) di Hotel Best Western Batang Garing Palangka Raya.

“Saya berharap, melaui Workhop Peliputan Pemilu 2024 ini dapat menambah wawasan sekaligus kapasitas insan pers, khususnya perihal pelaksanaan peliputan selama berlangsungnya Pemilu baik Pemilihan Presiden (Pilpres), Pemilihan Legislatif (Pileg) maupun Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada),” ujar Asmono Wikan.

Ia menyebut ada banyak aspek yang harus diperhatikan selama pelaksanaan peliputan nanti. Apalagi saat ini kita tengah menghadapi pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2024, sehingga kegiatan Workshop yang terjalin melalui kerjasama Dewan Pers bersama pihak penyelenggara Pemilu ini diharapkan mampu menambah wawasan, edukasi, peningkatan kapasitas wartawan dalam melakukan peliputan serta media dalam menerbitkan pemberitaan.

Menurut dia, saat ini masyarakat memerlukan pemberitaan yang jernih sesuai dengan kebutuhan publik, jadi media jurnalis merupakan sebuah wadah yang menyediakan kekayaan sumber informasi yang dapat diolah supaya memberikan warna-warna dalam menyampaikan pemberitaan yang dibutuhkan masyarakat sehingga karena hal tersebut para jurnalis atau wartawan rawan mengalami potensi ancaman.

“Dalam peliputan atau pemberitaan masih ada ditemukan potensi ancaman yang dialami oleh para jurnalis atau wartawan. Sehingga ketika ditemukan adanya kasus-kasus jurnalis yang mengalami kekerasan dalam bentuk apapun diharapkan dapat melaporkan kepada satgas kami yang berkoordinasi dengan pihak-pihak berwajib,” ujarnya lagi.

Disisi lain, ketua Bawaslu Kalteng, Satriadi dalam kegiatan Workshop Peliputan Pemilu 2024, menyampaikan bahwa media memiliki peranan penting dalam penyelenggaraan Pemilu, khususnya dalam menjalankan fungsi pengawasan sesuai dengan undang-undang Bawaslu Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemimpin Umum.

“Media merupakan mitra dari Bawaslu khususnya dalam menjalankan fungsi pengawasan terhadap pelaksanaan Pemilu baik Pileg, Pilpres maupun Pilkada. Oleh karena itu, kita berharap awak media dapat berperan aktif terutama dalam hal mengawasi berbagai potensi-potensi kecurangan yang rawan terjadi selama pelaksanaan Pemilu,” imbuhnya.

Sekedar diketahui, pelaksanaan Workshop Peliputan Pemilu 2024 ini dihadiri langsung oleh seluruh media di kota Palangka Raya, baik media Cetak maupun elektronik, dengan menghadirkan sejumlah narasumber ahli.

Diantaranya, yakni Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kalteng, Sastriadi, Ketua Bawaslu Kalteng, Satriadi yang diwakili oleh Anggota Bawaslu Nurhalina, Anggota Dewan Pers, Asmono Wikan, Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Kalteng, Ilham Bursa dan Elin Yunita Kristanti dari Media Liputan6.com.

Wartawan: MARIA

Editor: Yundhy Satrya 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!