FKM 2023, Puluhan Wartawan Tingkatan Kemampuan Menulis Berita Ekonomi di Batu-Malang

 FKM 2023, Puluhan Wartawan Tingkatan Kemampuan Menulis Berita Ekonomi di Batu-Malang

FKM 2023: Puluhan Wartawan mengikuti kegiatan pelatihan penulisan berita ekonomi di Batu-Malang, Jawa Timur.

BATU, Kaltengnews.co.id – Dalam rangka meningkatkan wawasan dan pengetahuan insan pers, khususnya di bidang ekonomi, maka Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (KPw-BI) Provinsi Kalimantan Tengah, selama 3 (tiga) hari berjalan, terhitung sejak 11-13 September 2023 melaksanakan kegiatan Forum Komunikasi Media (FKM) 2023 di Hotel Grand Tulip Holland, Kota Batu-Malang, Jawa Timur.

Agenda tahunan Bank Indonesia Kalimantan Tengah kali ini secara resmi dibuka oleh Kepala KPw-BI Kalteng Taufik Saleh, didampingi Ketua PWI Kalteng HM Haris Sadikin dan Ketua IJTI Kalteng Tantawi Jauhari, serta diikuti oleh perwakilan media cetak, media online, televisi dan radio, Senin (11/09/2023) sore.

Pada sambutannya, Kepala KPw-BI Kalteng Taufik Saleh mengharapkan melalui kegiatan ini, tak hanya bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan wartawan di bidang ekonomi, tapi ini juga menjadi suatu kesempatan yang baik guna mempererat ikatan tali silaturahmi antara Bank Indonesia dan rekan-rekan wartawan sekalian.

FOTO: Kepala KPw-BI Kalteng Taufik Saleh didampingi Ketua PWI Kalteng HM Haris Sadikin dan Ketua IJTI Kalteng Tantawi Jauhari, saat membuka secara resmi FKM 2023 di Batu-Malang, Jawa Timur.

“Saya sangat berharap kawan-kawan, setelah mengikuti kegiatan Menulis Naratif Lebih Mendalam dan Bermakna ini bisa tetap mengembangkan wawasan dan pengetahuan yang didapat sehingga bisa semakin berkembang dan berkualitas, terutama dalam menyajikan informasi atau berita ekonomi yang berkualitas kepada masyarakat secara luas, baik itu di tingkat lokal, regional, nasional bahkan internasional,” ujar Kepala KPw-BI Kalteng.

FKM 2023 di Batu-Malang, pada Senin 11 September 2023, diisi dengan berbagai kegiatan, diantaranya pemberian materi dari Kompas Institute tentang Bahasa dan Kalimat Efektif disampaikan oleh Priskilia Sitompul, dan Menulis Naratif Lebih Mendalam dan Bermakna disampaikan oleh Wahyu Haryo yang dilanjutkan diskusi antara narasumber, pemateri, dan peserta.

FOTO: Sesi tanya-jawab pada kegiatan pelatihan penulisan berita ekonomi, dalam kegiatan FKM 2023 di Batu-Malang, Jawa Timur.

Rangkaian kegiatan juga diisi dengan Lomba Menulis Artikel yang mengusung tema “Memulihkan Perekonomian dengan Sektor Pariwisata”. Selanjutnya, pada Selasa 12 September 2023, kegiatan diisi dengan  Outbond Fun Off-road di 2 tempat, di Hutan Pinus dan Petik Apel, serta Kebun Sayur Coban Talun.

“Melalui FKM 2023 ini, diharapkan seluruh peserta bisa mendapatkan pengalaman, wawasan dan pengetahuan berharga. Saya juga berpesan kepada seluruh peserta agar dapat memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya,” ujarnya lagi.

Sementara itu, Darity Hildan selaku peserta FKM 2023 menyampaikan kegiatan ini menjadi suatu pengalaman luar biasa, karena bagi dirinya ini untuk yang kedua kalinya mengikuti kegiatan Forum Komunikasi Media KPw-BI Kalteng di Batu-Malang, Jawa Timur.

“Kegiatan Forum Komunikasi Media yang diselenggarakan oleh KPw-BI Kalteng dinilai sangat mengesankan, karena dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan wartawan agar semakin berkualitas,” kata dia.

ia menuturkan materi-materi yang diberikan oleh kedua pemateri dari Kompas Institute, dirasa sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan teknik menulis setiap peserta.

“Harapan saya, Forum Komunikasi Media KPw-BI Kalteng dapat terus dilaksanakan pada setiap tahunnya, karena dinilai sangat berguna untuk meningkatkan kemampuan, wawasan dan pengetahuan bagi seluruh wartawan lebih mendalam, khususnya di bidang ekonomi dan perbankan,” tutup Darity.

FOTO: Peserta FKM 2023 saat berfoto bersama dengan Kepala KPw-BI Kalteng Taufik Saleh beserta jajaran, di Batu-Malang, Jawa Timur.

Sekedar menginformasikan, rombongan peserta FKM 2023 yang menjadi perwakilan dari media cetak, online, televisi dan radio ini, pada Senin 11 September 2023, sekira pukul 07.00 WIB, bertolak dari Bandara Tjilik Riwut Kota Palangka Raya menggunakan maskapai penerbangan Lions Air dengan rute penerbangan Jakarta – Surabaya, kode penerbangan JT683, waktu tempuh kurang lebih 1 jam 10 menit, dan tiba di Bandara Internasional Juanda-Surabaya sekira pukul 08.20 WIB.

Setibanya di Surabaya, rombongan kemudian melanjutkan perjalanan ke Batu-Malang kurang lebih 1 jam perjalanan. Kegiatan dilaksanakan akan berakhir pada Rabu 13 September 2023. (YS)

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!