Aktifitas Sosial Ekonomi Terhambat, Jalan Penghubung Desa Kondisinya Rusak Parah

 Aktifitas Sosial Ekonomi Terhambat, Jalan Penghubung Desa Kondisinya Rusak Parah

FOTO: Jalan Utama dari Desa Sungai Batang, Sungai Gula, Sungai Lubang dan beberapa desa sekitarnya menuju Kelurahan Tumbang Lahung, Kecamatan Permata Intan, Kabupaten Murung Raya, kondisinya kini rusak dan berlubang.

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – Jalan penghubung yang dijadikan sebagai jalur utama aktifitas sosial ekonomi warga di sejumlah desa di Kecamatan Permata, Kabupaten Murung Raya, saat ini kondisinya banyak yang dalam keadaan rusak parah. Sehingga, diharapkan adanya penanganan segera dari pemerintah daerah.

Demikian disampaikan oleh Sekretaris Komisi I DPRD Kalteng, Sirajul Rahman, S.Hut., M.I.Kom. yang juga Wakil Rakyat asal Dapil Kalteng IV, meliputi Kabupaten Barito Selatan, Barito Utara, Barito Timur dan Murung Raya saat melaksanakan reses perorangan ke wilayah tersebut, baru-baru ini.

FOTO: Sirajul Rahman saat melaksanakan reses perorangan ke Desa Sungai Batang, Kecamatan Permata Intan, baru-baru ini.

Sirajul mengatakan usulan penanganan perbaikan jalan menjadi aspirasi utama dari warga di beberapa desa yang tersebar di Kecamatan Permata Intan, Kabupaten Murung Raya, seperti Desa Sungai Batang dan Sungai Gula yang mengharapkan kepada pemerintah daerah, supaya dapat melakukan penanganan atau perbaikan jalan penghubung dari Kelurahan Tumbang Lahung menuju Desa Sungai Batang dan Desa Sungai Lubang.

“Saat ini, kondisinya dalam keadaan rusak parah. Sehingga, itu sangat mempengaruhi kelancaran aktifitas sosial ekonomi masyarakat setempat. Untuk itu, mereka (warga, red) sangat berharap agar pemerintah dapat segera menanggapi dan menindaklanjuti usulan tersebut,” ujar Sirajul, Sabtu (02/09/2023).

Lanjut Ketua DPW PKS Kalteng ini juga mengungkapkan sebenarnya memang masih banyak sekali jalan yang perlu mendapatkan penanganan dan  perbaikan dari pemerintah daerah.

Foto: Sirajul Rahman saat melaksanakan reses perorangan ke Desa Sungai Gula, Kecamatan Permata Intan, baru-baru ini.

“Berdasarkan informasi yang dihimpun dari warga desa setempat, penanganan jalan penghubung dimaksud dulu memang sudah pernah dilakukan oleh pemerintah daerah. Namun, itu hanya di beberapa titik tertentu saja, dan tidak secara menyeluruh, utamanya titik-titik jalan yang dekat dengan Kelurahan Tumbang Lahung saja. Justru jalan menuju ke Desa Sungai Batang dan Desa Sungai Lubang lah yang masih panjang belum diperbaiki dan perlu mendapatkan pengerasan,” ujarnya lagi.

Begitupun kondisi infrastruktur jembatan sudah banyak yang lapuk termakan usia. Maka dari itu, Ia meminta kepada pemerintah daerah, khususnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Murung Raya agar dapat segera menindaklanjuti aspirasi dari warga sejumlah desa yang letaknya berada di sepanjang ruas jalan tersebut.

“Jalan penghubung ini dinilai sangat penting bagi warga desa setempat, karena menjadi satu-satunya jalan utama menuju ke ibukota kabupaten, sebagai jalur siswa dan guru menuju ke sekolah, serta menjadi jalur perekonomian warga,” katanya menambahkan.

Sirajul sangat berharap kepada pemerintah daerah, supaya dapat tanggap untuk menindaklanjuti aspirasi warga tersebut, dengan cara memasukkan kedalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Murung Raya. (YS)

 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!