3 Dosen FISIP UPR non gelar Profesor Terpilih jadi Anggota Senat Fakultas 

 3 Dosen FISIP UPR non gelar Profesor Terpilih jadi Anggota Senat Fakultas 

FOTO: Pemilihan anggota Senat Fakultas di FISIP UPR, dari Jurusan Ilmu Pemerintahan.

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – 3 (tiga) orang dosen non gelar profesor terpilih menjadi anggota Senat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Palangka Raya (UPR) melalui mekanisme pemilihan yang dilaksanakan di masing-masing jurusan, yaitu Jurusan Ilmu Pemerintahan, Jurusan Sosiologi, dan Jurusan Administrasi Negara, Jumat (22/09/2023) di FISIP UPR.

Ketua Jurusan Ilmu Pemerintahan FISIP UPR, Ester Sonya Ulfarita Lapalu, S.Th., M.Si., menyampaikan semua proses, tahapan, dan mekanisme pemilihan anggota Senat Fakultas dari Jurusan Ilmu Pemerintahan FISIP UPR semuanya sudah berjalan dengan sangat baik.

Dimana, ada 2 kandidat yang dipilih, yakni Dr. M Dody Syahirul Alam, SE., M.Si., dan Dr. Ricky Zulfauzan, S.Sos, M.IP., Pada pemilihan Senat Fakultas Jurusan Ilmu Pemerintahan ini dilaksanakan secara Hybrid pada hari ini, diikuti oleh 13 orang dosen Jurusan Ilmu Pemerintahan FISIP UPR, dengan hasil perolehan 4 suara untuk Dr. M Dody Syahirul Alam, SE., M.Si. I, dan 8 suara untuk Dr. Ricky Zulfauzan, S.Sos, M.IP., dan 1 suara abstain.

Sehingga demikian, kandidat Dr. Ricky Zulfauzan, S.Sos, M.IP., berhak menjadi anggota Senat Fakultas di FISIP UPR. “Ya, tentunya saya selaku Ketua Jurusan Ilmu Pemerintahan FISIP UPR menyampaikan ucapan selamat kepada kandidat yang telah terpilih. Tentunya, saya juga berharap beliau juga dapat menyampaikan semua aspirasi dari kawan-kawan dosen Jurusan Ilmu Pemerintahan di tingkat Senat Fakultas,” harap dia.

Dr. Ricky Zulfauzan, S.Sos, M.IP selaku anggota Senat Fakultas yang mewakili dosen Jurusan Ilmu Pemerintahan FISIP UPR menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh dosen di Jurusan Ilmu Pemerintahan FISIP UPR, karena telah memilih dan memberikan amanat kepadanya untuk menjadi anggota Senat Fakultas.

“Ini menjadi suatu amanat yang besar yang telah diberikan dan dipercayakan kepada saya. Selanjutnya, saya akan menjalankan amanah tersebut dengan sebaik-baiknya, terutama dalam rangka memperjuangkan segala bentuk aspirasi dari kawan-kawan dosen di Jurusan Ilmu Pemerintahan FISIP UPR ini. Karena, proses pemilihan ini menjadi salah satu barometer proses demokrasi di kampus ini sudah berjalan dengan baik,” ujar dia.

Dr. Ricky juga menyebut terpilihnya dia menjadi anggota Senat Fakultas di FISIP UPR, tak hanya sebatas berbicara kewenangan jabatan saja, melainkan lebih dari itu, yakni bagaimana aspirasi dan kesejahteraan umum, khususnya bagi civitas akademika Jurusan Ilmu Pemerintahan FISIP UPR dapat benar-benar diperhatikan oleh unsur pimpinan.

FOTO: Pemilihan anggota Senat Fakultas di FISIP UPR, dari Jurusan Sosiologi.

Sementara itu, hasil pemilihan Calon Anggota Senat Fakultas di Jurusan Sosiologi FISIP UPR, yakni Yorgen Kaharap Nahan, M.Si., dengan perolehan 17 suara, Dr. Sontoe, M.Pd dengan perolehan 1 suara, suara rusak 1 suara, dan suara abstain 1 suara.

Ketika diwawancarai awak media, Anggota Senat Fakultas terpilih yang mewakili dosen dari Jurusan Sosiologi FISIP UPR, Yorgen Kaharap Nahan, M.Si., menyampaikan ucapan terima kasih atas amanah yang telah diberikan kepadanya.

Selanjutnya, ia mengungkapkan hanya satu tujuan yang ingin dicapainya, yakni ia akan berupaya mengakomodir sejumlah perubahan dan tranformasi di FISIP UPR ini menuju ke arah yang lebih baik lagi.

“Mengingat, saya juga selaku Sekretaris Jurusan di Jurusan Sosiologi FISIP UPR, tentunya saya bersama-sama dengan kawan-kawan dosen dan Ketua Jurusan Sosiologi FISIP UPR Dr. Saputra Adiwijaya, S.Sos., M.Si., akan melakukan sejumlah perubahan, dimulai dari hal-hal kecil, seperti penelitian dan pengabdian, kegiatan kerja-sama, serta rencananya akan membuat inkubator bisnis sosiologi, dan semua dosen akan dilibatkan,” katanya.

Yorgen berharap kepada siapa-pun nanti Dekan FISIP UPR yang terpilih, dapat membawa perubahan dan kemajuan untuk fakultas ini, khususnya lagi dapat membawa kemajuan untuk Jurusan Sosiologi menjadi unggul, berkarakter dan berwawasan global.

Sedangkan, pemilihan anggota Senat Fakultas di Jurusan Administrasi Negara FISIP UPR, yaitu Suprayitno, S.AN., M.AP., dengan perolehan 12 suara, dan Dr. Nurul Hikmah, S.Sos., M.AP dengan perolehan 5 suara.

Di tempat lain, saat membuka kegiatan Kuliah Umum ‘Kedaruratan dan Konstitusi Menyikapi Potensi Konflik pada Pemilu 2024’, Wakil Rektor UPR bidang Akademik Dr. Natalina Asi, MA menyampaikan apresiasi atas terlaksananya gelaran pemilihan anggota Senat Fakultas di FISIP UPR yang sudah berlangsung dengan aman, tertib, dan lancar.

FOTO: Wakil Rektor UPR bidang Akademik Dr. Natalina Asi, MA., saat membuka Kuliah Umum ‘Kedaruratan dan Konstitusi Menyikapi Potensi Konflik pada Pemilu 2024’, Jumat (22/09/2023) di Aula Rahan UPR.

“Saya sangat berharap sistem pemilihan anggota Senat Fakultas di FISIP UPR ini, bisa menjadi Role Model (teladan, red) dalam proses demokrasi kampus, khususnya dalam konteks pemilihan anggota Senat Fakultas yang mewakili dosen non gelar profesor, selanjutnya dapat diikuti oleh fakultas-fakultas lainnya yang ada di lingkup UPR ini,” kata Dr. Natalina Asi, MA yang juga selaku Pj. Dekan FISIP UPR ini.

Dr. Natalina menambahkan proses pemilihan anggota Senat Fakultas di FISIP UPR sudah dilaksanakan dengan cara yang sangat demokratis. Kedepan, ia berharap FISIP UPR dapat menjadi miniatur serta barometer proses implementasi demokrasi di Universitas Palangka Raya ini.

Sekedar diketahui, pemilihan anggota Senat FISIP UPR di ketiga jurusan ini, dilaksanakan dalam kurun waktu hampir bersamaan. Adapun anggota Senat FISIP UPR terdiri atas 12 orang anggota, yaitu masing-masing keanggotaan berdasarkan Ex-Officio (jabatan dan wewenang, red) diantaranya, 1 orang Pj. Dekan FISIP UPR, 3 orang Wakil Dekan FISIP UPR, 3 orang Ketua Jurusan, 2 orang Guru Besar (Dosen bergelar Profesor, red).

Serta, 3 orang perwakilan dosen non profesor dipilih melalui mekanisme pemilihan anggota Senat Fakultas di masing-masing jurusan yang ada di FISIP UPR. (YS)

 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!