10 Pj Kepala Daerah Resmi Dilantik

 10 Pj Kepala Daerah Resmi Dilantik

FOTO: Suasana pelantikan 10 Pejabat (Pj) Kepala Daerah.

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran didampingi Wagub Kalteng⁰ H. Edy Pratowo, S.Sos.,M.M menyampaikan pidato dan melantik para Pejabat (Pj) pada kegiatan Pengucapan sumpah atau janji jabatan dan pelantikan pejabat walikota dan pejabat bupati di Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2023 yang berlangsung di Aula Jayang Tingang (AJT), Kantor Gubernur Kalteng, Senin (25/09/2023) pagi.

Dalam kegiatan ini ada sebanyak 10 Kepala Daerah di 9 Kabupaten dan 1 Kota di Provinsi Kalteng telah berakhir masa tugasnya sejak tanggal 24 September 2023. Pelantikan 9 orang Pejabat (Pj) Bupati dan 1 orang Pj Wali Kota di Provinsi Kalteng ini dalam rangka mengisi kekosongan Kepala Daerah dan menjamin kelancaran penyelenggaraan pemerintahan daerah sampai dengan dilantik pejabat definitif nantinya.

Pj bupati/wali kota yang telah ditetapkan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia dalam kegiatan ini di antaranya Pj Bupati Sukamara, yakni Kaspinor yang menjabat sebagai Asisten Pemerintahan dan Kesra Provinsi Kalteng; Pj Bupati Lamandau yakni Lilis Suriani yang menjabat sebagai Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi Kalteng; Pj Bupati Seruyan yakni Djainuddin Noor yang menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Seruyan;

Lalu, Pj Bupati Katingan yakni Syaiful yang menjabat sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Kalteng: Pj Bupati Murung Raya Hermon yang menjabat sebagai Sekretaris Daerah Murung Raya; Pj Bupati Barito Timur yakni Indra Gunawan yang menjabat sebagai Sekretaris Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri; Pj Bupati Barito Utara yakni Muhlis yang menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Utara;

Kemudian, Pj Bupati Kapuas yakni Erlin Hardi yang menjabat sebagai Kepala Dinas Perkimtan Kalteng; Pj Bupati Pulang Pisau yakni Nunu Andriani yang menjabat sebagai Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Kalteng dan Pj Wali Kota Palangka Raya yakni Hera Nugrahayu yang menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya.

Mengawali sambutannya gubernur Kalteng menyampaikan tahun 2024 mendatang merupakan hal penting yang menjadi sorotan bersama yaitu momen politik Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden dan Wakil Presiden, Pemilu Legislatif dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak sehingga masyarakat khususnya para Pejabat (Pj) agar dapat menganggarkan anggaran Pemilihan dan mengantisipasi kemungkinan terjadinya konflik yang menganggu suksesnya jalan Pemilu dan Pilkada.

“Ada beberapa hal yang menjadi perhatian kita bersama, khususnya para Pj Bupati dan Pj Wali Kota antara lain, pertama, kedudukan Penjabat Bupati atau Wali Kota diharapkan harus mampu memfasilitasi penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024, salah satunya dengan wajib menganggarkan anggaran Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024 sebesar 40% (persen) pada APBD-P 2023 dan 60% (persen) pada APBD murni Tahun 2024,” ujar Gub. Kalteng.

Ia mengimbau agar Pemerintah Kalteng Fokus tingkatkan kualitas dan kuantitas UMKM, intensifkan kerja sama dan koordinasi seluruh stakeholders khususnya penanganan karhutla, penanganan Inflasi melalui pemberian stimulus dan program ketahanan pangan, serta program lainnya untuk kesejahteraan masyarakat Kalteng.

“Kepada seluruh stakeholders di Kabupaten Sukamara, Lamandau, Seruyan, Katingan, Murung Raya, Barito Timur, Barito Utara, Kapuas, Pulang Pisau, dan Kota Palangka Raya, saya harapkan dukungan dan partisipasi aktif terhadap Penjabat Bupati dan Penjabat Wali Kota dalam melaksanakan tugasnya, sehingga penyelenggaraan roda pemerintahan dan pembangunan daerah dapat berjalan dengan baik dan lancar, untuk kepentingan masyarakat dan pemerintah Daerah,” ujarnya.

Gubernur Kalteng ini berpesan agar para Pj yang telah dilantik untuk menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) khususnya melayani masyarakat dengan program-program inovatif baik itu melalui program pendidikan, kesehatan, infrastruktur, ketenagakerjaan, pertanian, UMKM, dan sosial, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ia juga menambahkan dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan, khusus untuk Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas agar menganggarkan anggaran jaminan kesehatan nasional untuk memenuhi standar UHC pada APBD-P 2023 dan APBD 2024.

“Terakhir sebelum saya menutup pidato, Bank Kalteng adalah bank je ayun itah atau milik masyarakat Kalteng sehingga untuk itu, dalam rangka percepatan pembangunan daerah Pemerintah Kabupaten atau kota agar melakukan pemenuhan modal inti selambat-lambatnya pada Akhir Tahun 2024,” demikian tutup Gub. Kalteng.

Kegiatan pengucapan Sumpah/Janji dan Pelantikan Pj. Bupati dan Wali Kota di Provinsi Kalteng ini dihadiri Ketua DPRD Provinsi Kalteng Wiyatno, Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo, Ketua TP-PKK Provinsi Kalteng Ivo Sugianto Sabran, Unsur Forkopimda Provinsi Kalteng, Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng Nuryakin.

Kemudian, Para Pj Bupati dan Wali Kota yang baru saja di lantik hari ini, Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota se-Kalteng, Para Kepala Perangkat Daerah dan Instansi Vertikal di lingkungan Pemprov Kalteng se-Kalteng, Jajaran KPU dan Bawaslu se-Kalteng serta para Sesepuh Daerah, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Generasi Muda dan Pimpinan Partai Politik.

Wartawan: Maria

Editor: Yundhy Satrya 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!