Terkait Usulan Kuota Mahasiswa Kedokteran, Inilah Tanggapan Petinggi UPR

 Terkait Usulan Kuota Mahasiswa Kedokteran, Inilah Tanggapan Petinggi UPR

FOTO: Wakil Rektor UPR Bidang Akademik, Dr. Natalina Asi, M.A.,

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – Rektor Universitas Palangka Raya (UPR) Prof. Dr. Ir. Salampak, MS., melalui Wakil Rektor UPR Bidang Akademik, Dr. Natalina Asi, M.A., menyampaikan apresiasi kepada sejumlah pihak yang telah memberikan berbagai masukan, usulan, saran maupun desakan terhadap kuota penerimaan mahasiswa baru, khususnya di Fakultas Kedokteran Universitas Palangka Raya Tahun Akademik (TA) 2023 ini.

Saat dikonfirmasi, terkait adanya usulan dari Senator DPD RI asal Dapil Kalteng, Agustin Teras Narang yang telah menyurati Kemendikburistek RI, terkait usulan kebijakan kuota 30 persen lulusan lokal agar dapat terakomodir atau diterima menjadi mahasiswa baru di Fakultas Kedokteran UPR.

“Kami tentunya menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya atas perhatian yang diberikan tersebut. Kami juga mengapresiasi sekaligus menyambut baik inisiatif dari wakil rakyat asal dapil Kalteng di pusat yang telah mengusulkan kepada pemerintah pusat, terkait kuota penerimaan mahasiswa baru di Fakultas Kedokteran UPR,” ujar Wakil Rektor UPR Bidang Akademik, saat dibincangi redaksi Kaltengnews.co.id, Rabu (16/08/2023) pagi, di ruang kerjanya.

Berkenaan hal itu, Dr. Natalina mengharapkan sekaligus pula menyampaikan aspirasi melalui wakil rakyat asal dapil Kalteng di pusat, supaya tidak hanya sebatas mengusulkan kuota penerimaan mahasiswa baru di Fakultas Kedokteran UPR saja, tapi kalau bisa sekalian mengusulkan kepada pemerintah pusat agar dapat memperhatikan dan menyediakan sarana prasarana untuk Fakultas Kedokteran UPR.

“Pasalnya, saat ini sarana prasarana penunjang serta rasio ketersediaan SDM tenaga pendidik (dosen,red) di Fakultas Kedokteran UPR juga dinilai masih terbatas. Sehingga, keterbatasan itu pula yang menjadi alasan mendasar serta pertimbangan kami dalam melaksanakan penerimaan mahasiswa baru, khususnya di Fakultas Kedokteran UPR,” ujar dia lagi.

Dr. Natalina menginformasikan berdasarkan hasil penjaringan mahasiswa baru melalui 3 (tiga) tahap mekanisme penjaringan pada beberapa waktu lalu, maka diketahui persentase jumlah mahasiswa baru tahun 2023 di Fakultas Kedokteran UPR, sebesar 42,34 persen merupakan mahasiswa baru lulusan lokal Kalteng, sedangkan 57,66 persen merupakan mahasiswa baru lulusan luar Kalteng.

“Jadi, jika melihat hasil penjaringan mahasiswa baru tersebut, sebenarnya untuk kuota lulusan lokal Kalteng, di Fakultas Kedokteran UPR telah terakomodir,” tandasnya. (YS)

 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!