PKKMB FISIP UPR 2023, Bhayu: Karakter dan Kompetensi Individu Modal Utama Pemimpin Berkualitas

 PKKMB FISIP UPR 2023, Bhayu: Karakter dan Kompetensi Individu Modal Utama Pemimpin Berkualitas

FOTO: Wakil Dekan FISIP UPR Bidang Umum dan Keuangan, Bhayu Rama, ST., MBA., PHD., pada kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) FISIP Tahun 2023, Rabu (16/08/2023) sore.

 

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id –  Keterbatasan sarana prasarana (Sapras) pendukung yang dimiliki FISIP UPR saat ini bukan lah menjadi  suatu alasan untuk mahasiswa tidak berkualitas. Namun, keberhasilan seorang mahasiswa dapat dilihat dari sisi karakter dan kompetensinya sebagai seorang pribadi yang dapat memberikan banyak makna dan manfaat, tidak hanya untuk diri sendiri melainkan juga untuk masyarakat sekitar, khususnya di bidang sosial, politik, pemerintahan dan budaya.  Demikian disampaikan oleh Wakil Dekan FISIP UPR Bidang Umum dan Keuangan, Bhayu Rama, ST., MBA., PHD., pada kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) FISIP Tahun 2023, Rabu (16/08/2023) sore.

”Sarana dan prasarana yang dimiliki FISIP UPR, hanya bersifat sebatas sebagai pendukung saja. Artinya, dalam hal ini yang menjadi modal utamanya adalah bagaimanan setiap mahasiswa FISIP UPR,  dididik agar bisa menjadi  seorang pemimpin berkarakter baik dan memiliki kompetensi keilmuan di bidang sosial, politik, pemerintahan dan budaya, serta bisa menjadi individu yang dapat memberikan makna dan manfaat, baik itu untuk diri sendiri dan juga lingkungan masyarakat dimana dia berada. Hal ini, tentunya sesuai dengan visi misi FISIP UPR itu sendiri,” kata Wakil Dekan II FISIP UPR ini.

Lanjut Bhayu mengatakan  sesuai dengan visi misi FISIP UPR. Pihaknya juga berkomitmen untuk menciptakan seorang pemimpin yang memiliki karakter unik, berkualitas dan berguna bagi masyarakat. Untuk itu, ia meminta seraya memberikan motivasi kepada setiap mahasiswa baru FISIP UPR agar dapat mengembangkan potensi diri,  sesuai dengan talentanya masing-masing.

“Jadi, Kami berharap setiap mahasiswa yang kelak lulus dari FISIP UPR bisa menjadi seorang pemimpin yang memiliki karakter dan kompetensi keilmuan yang mumpuni sehingga bisa menjadi sumber daya manusia (SDM) Pemimpin yang berkualitas, sesuai dengan visi misi FISIP UPR. Akhir kata, saya mengucapkan selamat bergabung kepada seluruh mahasiswa baru menjadi bagian keluarga besar FISIP UPR,” tukas Bhayu.

Sementara itu, saat melakukan peninjauan lapangan kegiatan PKKMB UPR 2023 di lingkungan FISIP UPR, Wakil Rektor UPR Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Wijanarka, ST, M.T,  menyampaikan kegiatan PKKMB di tingkat fakultas ini merupakan lanjutan dari kegiatan PKKMB di tingkat universitas yang telah dilaksanakan kemarin.

“Berdasarkan hasil peninjauan PKKMB UPR 2023 di beberapa fakultas. Tadi pagi, saya ke kegiatan PKKMB FKIP UPR dan sekarang PKKMB di FISIP UPR, maka dipastikan kegiatan PKKMB UPR sudah berjalan dengan lancar dan aman, serta tidak ada kegiatan yang bersifat perpeloncoan,” ujar Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni.

Wijanarka juga berharap melalui kegiatan PKKMB UPR 2023 ini, bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi mahasiswa baru. Sehingga, harapannya itu dapat tersiar melalui media sosial dan media masa, sekaligus sebagai ajang promosi untuk penerimaan mahasiwa baru di tahun-tahun berikutnya.

Disisi lain, Ketua Panitia PKKMB FISIP UPR 2023, Muhammad Zusanri Batubara, S.Pd., M.Si yang juga dosen Sosiologi FISIP UPR ini menyampaikan kegiatan PKKMB di FISIP UPR dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, yakni mulai tanggal 16, 18 dan 19 Agustus 2023. Adapun jumlah mahasiswa baru yang hadir ada sebanyak 419 orang, sementara 9 orangnya lagi tidak dapat hadir dikarenakan alasan sakit.

“Khususnya, untuk 9 orang tersebut akan kita lihat apakah yang bersangkutan telah mengikuti kegiatan PKKMB di tingkat universitas atau tidak. Dan, apabila ternyata yang bersangkutan tidak mengikuti kegiatan PKKMB, baik itu di tingkat universitas maupun di tingkat fakultas, maka dengan sangat terpaksa dianjurkan untuk mengikuti kegiatan PKKMB tahun berikutnya,” tutup Ketua Panitia PKKMB FISIP UPR. (YS)

 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!