Pemprov Kalteng Gelar Rakor TPPS dan Rembuk Stunting 2023

 Pemprov Kalteng Gelar Rakor TPPS dan Rembuk Stunting 2023

FOTO: H. Edy Pratowo, S.Sos.,M.M memberi sambutan sekaligus membuka Rakor TTPS dan Rembuk Stunting Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah 2023.

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran diwakili Wagub Kalteng H. Edy Pratowo, S.Sos.,M.M secara resmi membuka kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) TTPS dan Rembuk Stunting Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2023 yang digelar di Aula Bappedalitbang, Jalan Diponegoro, Kota Palangka Raya, Kamis (03/08/2023) pagi.

Dalam sambutannya, H. Edy Pratowo, S.Sos.,M.M menyampaikan pencapaian prevalensi stunting di Kalimantan Tengah dari tahun 2021 hingga 2022 mengalami penurunan yang cukup signifikan seperti yang terdapat pada Kabupaten Kotawaringin Timur dan Kabupaten Barito Timur.

“Pencapaian prevalensi stunting di Provinsi Kalimantan di tahun 2022 sebesar 26,9 persen mengalami penurunan 0.5 persen dari tahun 2021 sebesar 27,4 persen terjadi kecenderungan daerah yang tadi nya prevalensi stuntingnya tinggi bisa menurun cukup signifikan seperti kabupaten kotawaringin timur dan kabupaten barito timur,” ujarnya.

H. Edy mengatakan saat ini ada beberapa Kabupaten mengalami peningkatan prevalensi stunting diantaranya seperti yang terdapat di Kabupaten Murung Raya, Kabupaten Barito Selatan dan Kabupaten Seruyan, sehingga perlu komitmen serius dari pemerintah Kalteng.

“Perlu komitmen kuat dan implementatif dalam program PPS sehingga target prevalensi stunting kalimantan tengah sebesar 15,38 persen pada tahun 2024 dapat tercapai sesuai harapan. Komitmen pemerintah daerah Provinsi Kalteng dalam pencapaian penurunan angka stunting merupakan implementasi dari Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 Tentang Percepatan Penurunan Stunting, yang diturunkan dalam Keputusan Gubernur Nomor 188.44/106/2023 Tentang Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Provinsi Kalteng tahun 2023-2024,” ujar dia lagi.

Ia juga mengimbau agar semua elemen-elemen yang terlibat dalam kegiatan rapat koordinasi TTPS dan rembuk stunting Tingkat Prov. Kalteng Tahun 2023 agar dapat memberikan kontribusi nyata dalam pencegahan dan percepatan penurunan stunting di Kalteng.

“Saya memberikan apresiasi kepada semua pihak yang sudah memberikan kerja-kerja nyata untuk pencegahan dan percepatan penurunan stunting provinsi kalimantan tengah. Saya berharap agar semua pihak-pihak yang terlibat turut serta bekerja sama dalam penanganan stunting, harapannya semoga kegiatan ini menjadi momentum bagi kita semua dalan menyamakan presepsi, meningkatkan sinergitas dan penyelarasan tata laksana program dalam struktur tim percepatan penurunan stunting provinsi kalimantan tengah,” tandasnya.

WARTAWAN : Maria.

EDITOR: Yundhy Satrya

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!