Pelestarian Kebudayaan Lokal Harus Terus Ditingkatkan

 Pelestarian Kebudayaan Lokal Harus Terus Ditingkatkan

FOTO: Anggota Komisi II DPRD Pulang Pisau, Amilson.

PULANG PISAU, Kaltengnews.co.id – Amilson, Anggota Komisi II DPRD Pulang Pisau dengan mitra kerja Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, mengatakan dalam upaya menjaga kearifan lokal yang dimiliki oleh wilayah supaya tetap terjaga salah satunya mesti ada perhatian yang lebih besar terhadap pelestarian kebudayaan lokal misalnya.

“Pemerintah Kabupaten diharapkan dapat menjalankan berbagai program yang dapat mendorong partisipasi masyarakat agar dapat terus meningkat dalam melestarikan kebudayaan,”ujar Legislator NasDem Dapil I Kahayan Hilir, Jabiren Raya, Kahayan Tengah dan Banama Tingang, Sabtu (05/08/2023).

Dirinya menjelaskan bahwa dukungan dari pemerintah Kabupaten Pulang Pisau harus meliputi berbagai aspek, termasuk pelaksanaan kegiatan seni dan tradisi yang rutin dilakukan setiap tahun. Dengan berbagai macam cara dan inovasi tentunya, dan menyediakan wadah bagi pelaku seni dan budaya kreatif agar tercipta beragam kegiatan yang mampu memberikan nuansa dan warna baru di setiap upaya pagelaran kebudayaan setempat.

Ia juga menyayangkan bahwa akhir-akhir ini, usaha pelestarian budaya lokal cenderung menurun dan hanya terfokus pada momen-momen seperti ajang lomba dan festival yang diadakan setahun sekali. “Saat ini hanya di momentum pelaksanaan ajang lomba dan festival saja. Selepas itu sangat jarang lagi dilaksanakan kegiatan seni budaya,” ungkapnya.

Kendati demikian, ungkapnya bahwa pihaknya tetap berharap bahwa pemerintah Kabupaten Pulang Pisau akan mengambil komitmen yang kuat dalam melaksanakan pelestarian budaya lokal.

Dukungan yang diberikan harus bersifat berkelanjutan dan tidak hanya terbatas pada acara-acara khusus saja, seperti dalam tiga bulan sekali pemerintah mengadakan beragam acara pertemuan lintas sektor, lalu stimulan kepada para pegiat seni budaya, dan wadah pentas seni yang difasilitasi oleh sanggar seni dan budaya dengan dukungan dari berbagai sektor swasta.

“Kami berharap agar pemerintah kabupaten kami tetap konsisten dalam melakukan upaya pelestarian budaya, bukan hanya saat ada acara atau festival tertentu. Pemberdayaan dan pelestarian harus dilakukan secara berkesinambungan agar kebudayaan lokal tidak hilang begitu saja,” paparnya.

Selain itu, kolaborasi dengan lembaga dan komunitas budaya setempat juga dianggap penting untuk mendukung upaya tersebut. Dengan adanya komitmen dan dukungan yang kuat dari pemerintah, diharapkan kebudayaan lokal di Kabupaten Pulang Pisau dapat terus hidup dan berkembang.

Wartawan: DENNY

Editor: Yundhy Satrya 

 

 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!