Kesehatan Udara Cenderung Menurun, Murid PAUD TK dan SD Diimbau Gunakan Masker

 Kesehatan Udara Cenderung Menurun, Murid PAUD TK dan SD Diimbau Gunakan Masker

FOTO: Wakil Ketua Komisi III DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) membidangi Kesehatan, Pendidikan, Olahraga dan Pariwisata, Siswandi.

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – Wakil Ketua Komisi III DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) membidangi Kesehatan, Pendidikan, Olahraga dan Pariwisata, Siswandi menganjurkan kepada anak usia sekolah, khususnya murid SD dan TK/PAUD di wilayah Kota Palangka Raya, supaya dapat menggunakan masker agar dapat meminimalisir risiko Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). Hal itu, lantaran kualitas kesehatan cuaca di wilayah Kota Palangka Raya, pada beberapa pekan belakangan ini cenderung menurun.

“Sebagaimana diketahui, saat ini di Kota Palangka Raya telah terdeteksi beberapa titik lokasi Kebakaran Hutan dan Lahan atau Karhutla. Dimana,  akibat karhutla akan berdampak terhadap kesehatan masyarakat. Salah satu penyakit yang biasa menyerang, yakni ISPA. Penyakit ISPA sangat mudah menular dan dapat dialami oleh siapa saja terutama anak-anak dan lansia,” ujar Siswandi, Selasa (22/08/2023).

Menurut Politisi dari Fraksi Partai Demokrat DPRD Kalteng ini, memang saat ini pemerintah daerah masih mampu mengatasi situasi karhutla. Namun demikian, dengan melihat perkembangan dan perubahan cuaca menuju ke musim kemarau, tentunya itu perlu diantisipasi agar tidak berdampak kepada kondisi kesehatan masyarakat, khususnya bagi kesehatan anak usia sekolah, utamanya bagi murid  SD maupun TK/PAUD.

“Untuk itu, guna mencegah meningkatnya kasus ISPA di wilayah Kota Palangka Raya, saya meminta seraya mengimbau kepada orang tua/wali, khususnya bagi mereka yang memiliki anak usia sekolah SD dan TK dapat menggunakan masker. Apabila anak mengalami kondisi batuk ataupun pilek lebih baik tidak usah sekolah dan istirahat saja di rumah” ujarnya lagi.

Tidak hanya untuk anak sekolah, Siswandi juga berpesan kepada masyarakat supaya lebih berhati-hati, dikarenakan kualitas udara di Kota Palangka Raya saat ini sudah mulai tidak sehat.

Wartawan: Bella

Editor: Yundhy Satrya

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!