Kekeringan Melanda Daerah Selatan Kotim, Jainuddin: Desa Sebamban Minta Solusi Air Bersih

 Kekeringan Melanda Daerah Selatan Kotim, Jainuddin: Desa Sebamban Minta Solusi Air Bersih

FOTO: Anggota Komisi II DPRD Kalteng Jainuddin Karim, SE., M.A.P., saat melaksanakan reses perseorangan di Desa Sebamban, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Kabupaten Kotawaringin Timur, baru-baru ini. 

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – Anggota Komisi II DPRD Kalteng Jainuddin Karim, SE., M.A.P., selaku Wakil Rakyat asal Dapil Kalteng II, meliputi Kabupaten Kotawaringin Timur dan Seruyan mengatakan sejumlah daerah di selatan Kabupaten Kotawaringin Timur saat ini tengah dilanda kekeringan. Hal ini diketahui saat dirinya melakukan reses perseorangan ke daerah tersebut, guna menyerap sejumlah aspirasi warga setempat, baru-baru ini.

Ada banyak aspirasi yang disampaikan oleh warga di sana. “Yang mana menjadi aspirasi utamanya, yakni mereka (warga, red) sangat berharap adanya bantuan profil tank air (tandon air, red) dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah maupun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotim. Tandon air ini rencananya akan digunakan oleh warga untuk menampung air bersih di kala hujan turun. Usulan itu disampaikan oleh Warga Desa Sebamban, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Kabupaten Kotawaringin Timur,” ujar Jainuddin, Rabu (30/08/2023).

Lanjut Politisi dari Fraksi Partai Gerindra DPRD Kalteng ini menyebut rata-rata daerah selatan Kabupaten Kotawaringin Timur, saat ini tengah dilanda kekeringan, dan sangat jarang turun hujan.

Jainuddin mengungkapkan daerah itu merupakan daerah pesisir pantai. Sehingga, apabila mengharapkan air sumur dengan kedalaman 100 sampai 120 meter, itu tidak lah mungkin sebab airnya berasa asin.

“Memang untuk suplai air dari PDAM sudah ada, hanya saja kapasitasnya kecil, jangkauan jaringan pipanisasinya pun masih terbatas, itu pun warga harus membeli. Nah, ini lah diharapkan oleh warga agar pemerintah daerah dapat memberikan sebuah solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut,” ujarnya lagi.

ia mengatakan warga Desa Sebamban meminta adanya bantuan tandon air berkapasitas 550 liter atau 750 liter. Sebab, saat ini warga setempat memang benar-benar membutuhkan sarana prasarana air bersih.

“Saya sangat berharap seraya meminta kepada pemerintah daerah, supaya dapat mengakomodir dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat Desa Sabamban ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Kalimantan Tengah maupun Kabupaten Kotawaringin Timur,” tandasnya. (YS)

 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!