Kalaksa BPBD Pulpis: Antisipasi Karhutla Sudah Siap

 Kalaksa BPBD Pulpis: Antisipasi Karhutla Sudah Siap

FOTO: Kalaksa BPBD Pulpis, Osa Maliki.

PULANG PISAU, Kaltengnews.co.id – Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pulang Pisau, Osa Maliki mengatakan antisipasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan sudah sangat siap.

“Sejauh ini persiapan yang telah dilakukan yaitu dengan melakukan patroli rutin oleh personel yang disebar di beberapa wilayah kecamatan yang daerahnya rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan,” ucapnya, Senin (23/08/2023).

Secara teknis antispasi pencegahan juga dilakukan dengan pengecekan sumur bor yang ada di lokasi rawan terjadinya kebakaran untuk memastikan apakah sumur bor masih aktif atau tidak.

“Selain berpatroli, kami juga telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat setempat, sehingga masyarakat bisa mendapatkan pemahaman pentingnya pencegahan Karhutla,” katanya.

Ia menjelaskan untuk titik rawan terjadinya kebakaran tentu setiap kecamatan yang ada di Pulang Pisau wilayahnya memiliki potensi kerawanan. Namun untuk daerah yang lebih diwaspadai, yakni Kecamatan Kahayan Kuala dan Kecamatan Jabiren Raya dikarenakan dua kecamatan tersebut pernah mengalami kebakaran hutan yang cukup hebat.

Pemerintah dan BPBD mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dengan melihat perkembangan beberapa tahun terakhir  Kabupaten Pulang Pisau bisa dikatakan masih terhindar dari bencana kebakaran hutan lahan.

“Hal ini merupakan suatu capaian yang sangat baik bagi kita,”tutupnya.

Wartawan: DENNY

Editor: Yundhy Satrya

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!