HUT Ke-78 RI Tak Hanya jadi Momentum Seremonial

 HUT Ke-78 RI Tak Hanya jadi Momentum Seremonial

FOTO: Wakil Ketua I DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Ir. H. Abdul Razak

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – Wakil Ketua I DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Ir. H. Abdul Razak menyampaikan HUT RI ke-78 Tahun ini memiliki makna dan refleksi mendalam, terutama untuk mencontohi semangat dan  tekad para pejuang guna menegakkan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini, dalam mengusir segala macam bentuk penjajahan di atas bumi pertiwi.

“Peringatan HUT RI ke-78 Tahun ini, jangan hanya dipandang sebagai kegiatan seremonial saja, tapi lebih dari itu. Hari ini merupakan bukti nyata negara kita dibagun dengan tetesan keringat, air mata dan darah para pejuang. Untuk itu kita sebagai bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa para pahlawannya, ” ujar Razak, usai mengikuti Upacara Peringatan HUT RI ke-78 Tahun, Kamis (17/08/2023)  pagi, di halaman Kantor Gubernur Kalteng.

Lanjut Dewan Pertimbangan Partai Golkar Kalteng ini mengharapkan melalui peringatan HUT RI ke-78 Tahun, generasi penerus harus dapat mengisi kemerdekaan Indonesia dengan kegiatan dan program pembangunan di seluruh wilayah Bumi Tambun Bungai ini, dalam rangka mewujudkan Kalteng BERKAH.

“Kita sebagai generasi penerus tinggal meneruskan dan mengisi kemerdekaan ini dengan program pembangunan sehingga ada kemajuan-kemajuan yang kita rasakan walaupun masih ada beberapa hal yang perlu kita perbaiki dan mudah-mudahan ke depan Negara Republik Indonesia khususnya Kalimantan Tengah bisa lebih maju lagi ” ujar dia lagi.

Tidak hanya itu, Razak juga meminta seraya mengajak masyarakat untuk bersatu bersama-sama menjaga perdamaian dan ketertiban menjelang tahun politik 2024 mendatang sehingga dapat menciptakan suasana yang kondusif dan menghasilkan pemimpin yang berkualitas.

“Mari kita semua bersatu bersama-sama menjaga perdamaian keamanan dan ketertiban, apalagi saat ini menjelang tahun politik 2024 sehingga kita harus meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan agar pelaksanaan Pemilu dan Pilkada bisa berjalan dengan aman tertib dan lancar.  Tahun politik merupakan sesuatu hal yang sangat rawan terkena isu dan kabar palsu (hoax). Saya berharap nantinya masyarakat Kalteng dapat memilih dengan cerdas calon-calon pemimpin yang berkualitas, ” imbuhnya.

Senada dengan hal tersebut, Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng H. Edy Pratowo saat memimpin upacara menyampaikan, kemerdekaan yang saat ini diraih merupakan perjuangan berat dan tekad semangat para pejuang bangsa.

“Melalui HUT RI ke-78 ini kita sudah sepatutnya mengenang dan menghargai jasa-jasa besar para pejuang kemerdekaan, dengan cara membangun bangsa Indonesia yang maju, adil, sejahtera, dan berdaulat,” kata Wagub.

Wagub juga menambahkan, Bangsa Indonesia telah berhasil melewati pandemi COVID-19 dan stabilitas perekonomian pun mulai terjaga baik walaupun di tengah ketidakpastian situasi global yang ada pada saat ini.

“Kita semua telah berhasil melalui ujian terberat yaitu pandemi COVID-19, semua itu tentu berkat dukungan dan kerja keras kita bersama tak terkecuali kita di Provinsi Kalimantan Tengah. Saat ini, alhamdulillah pertumbuhan ekonomi kita pada tahun 2022 meningkat menjadi 6,45 persen, lebih tinggi dari angka nasional yang tumbuh 5,31 persen. Meski tahun 2023 ini agak melambat, namun ekonomi kita masih tumbuh 2,96 persen pada triwulan kedua,” tandas Wagub Kalteng.

Wartawan: Maria

Editor: Yundhy Satrya

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!