Hari Peternakan dan Kesehatan Hewan 2023, Masyarakat Diimbau Waspadai Virus Rabies

 Hari Peternakan dan Kesehatan Hewan 2023, Masyarakat Diimbau Waspadai Virus Rabies

FOTO: Wagub Kalteng H. Edy Pratowo, S.Sos., M.M menyampaikan sambutan pada Peringatan Hari Peternakan dan Kesehatan Hewan Tingkat Prov. Kalteng Tahun 2023.

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – Wagub Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Edy Pratowo, S.Sos.,M.M mewakili Gubernur Kalteng  H. Sugianto Sabran menyampaikan sambutan pada kegiatan Peringatan Hari Peternakan dan Kesehatan Hewan tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2023 yang digelar di Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Prov. Kalteng, Sabtu (26/08/2023).

H. Edy Pratowo menyampaikan saat ini di beberapa Kabupateng di Kalteng masih terdapat beberapa kasus gigitan anjing atau hewan lain yang berdampak terhadap infeksi rabies sehingga perlu adanya penanganan pencegahan terhadap infeksi rabies.

“Saat ini masih terdapat di beberapa kabupaten yang terdapat kasus-kasus gigitan anjing atau hewan lain yang bisa berdampak terhadap infeksi rabies, sehingga masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya infeksi rabies. Hal tersebut disebabkan karena rendah kesadaran akan vaksinasi rabies dan kebiasaan masyarakat yang membiarkan hewan kesayangan/peliharaannya berkeliaran tanpa dilindungi dengan pemberian pakan yang cukup dan perlindungan kesehatan, ” ujar Wagub Kalteng.

Edy mengatakan melalui Kegiatan Peringatan Hari Peternakan dan Kesehatan Hewan Tingkat Prov. KaltengTahun 2023 dapat dijadikan sebagai momentum bersama untuk meningkatkan kesadaran pentingnya pengembangan usaha peternakan dengan didukung kesehatan hewan yang tangguh dan sebagai komitmen Pemprov. Kalteng mengembangkan peternakan di Kalteng.

“Melalui APBD, Pemprov Kalteng mengalokasikan anggaran sekitar 43 Miliar untuk Bantuan Bibit Sapi 850 ekor, Kambing 2.241 ekor, Ayam 3.808 ekor, Itik 2.142 ekor dan Babi 794 ekor serta sarana-prasarana pendukung usaha peternakan kepada masyarakat. Selain itu, saat ini sedang dibangun Pabrik Pakan Ternak berkapsitas 30 ton/hari dan Apartement Ayam Broiler (clouse house) berkapasitas 30.000 ekor sebagai penyangga dalam pengendalian inflasi harga ayam pedaging di Kalteng, yang pembangunannya diharapkan selesai pada akhir tahun 2023. Pengalokasian anggaran tersebut merupakan bentuk nyata komitmen Pemprov. Kalteng dalam mengembangkan Peternakan di Kalteng,” ujarnya lagi.

Ia juga mengiimbau kepada seluruh stakeholders yang bergerak dalam pelaksanan fungsi peternakan dan kesehatan hewan untuk terus meningkatkan inovasi, etos kerja dan kompetensi dalam menjalankan, memajukan peternakan dan Kesehatan hewan di Kalimantan Tengah.

“Saya mengajak kepada seluruh pihak-pihak yang turut terlibat agar kita bersama-sama memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk terus meningkatkan kesadaran akan pentingnya asupan gizi terutama protein hewani sehingga kita dapat mengurangi dan mencegah stunting demi mewujudkan generasi yang sehat dan cerdas sebagai penerus pemimpin bangsa,” demikian tutup Edy,

Wartawan: MARIA

Editor: Yundhy Satrya

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!