Dukungan Legislatif dalam Pembentukan BRIDA, Rombongan Faridawaty Sambangi BRIN

 Dukungan Legislatif dalam Pembentukan BRIDA, Rombongan Faridawaty Sambangi BRIN

FOTO: Wakil Ketua III DPRD Kalteng, Faridawaty Darland Atjeh, SE., MM beserta anggota DPRD Kalteng, Hj. Sri Neni Trianawati, SE., MAP dan Andayani, SE melaksanakan kunjungan kerja ke BRIN.

Jakarta, Kaltengnews.co.id – Wakil Ketua III DPRD Kalteng, Faridawaty Darland Atjeh, SE., MM beserta anggota DPRD Kalteng, Hj. Sri Neni Trianawati, SE., MAP dan Andayani, SE melaksanakan kunjungan kerja ke Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Jumat (18/08/2023) di Jakarta.

Faridawaty menyebut adapun maksud dan tujuan dari kunjungan kerja ini adalah untuk menggali peran lembaga legislatif, dalam memberikan dukungan bagi pembentukan Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) di tingkat provinsi, kabupaten maupun kota, serta program-program BRIDA, terutama dalam rangka mendukung pengembangan SDM Indonesia di daerah yang berkaitan dengan lembaga pendidikan.

“Pihak BRIN menjelaskan bahwa BRIDA merupakan salah satu amanat dari UU 11/2019 tentang Sistem Nasional Iptek. Dimana, BRIDA merupakan mitra di daerah yang memiliki arti penting untuk membantu penguatan pengambilan kebijakan berbasis riset, serta penguatan ekosistem riset dan inovasi bisa terjadi di seluruh level pemerintah, baik pusat maupun daerah, serta masyarakat luas,” terang Faridawaty, Sabtu (19/08/2023).

Ketua DPW NasDem Kalteng ini juga mengungkapkan BRIDA mempunyai tugas strategis, yakni memberikan berbagai data dan analisis yang diperlukan dalam menghasilkan sebuah kebijakan, agar seluruh kebijakan di daerah yang ada berbasis hasil riset yang komprehensif atau science based policy.

“BRIN berharap DPRD dapat memberikan dukungan mulai dari secepatnya mengesahkanPeraturan Daerah terkait Organisasi dan Tata Kelola (OTK) BRIDA, lalu juga nantinya diharapkan memberikan dukungan dan advokasi untuk alokasi anggaran kepada BRIDA saat sudah menjadi OPD sendiri,” ujar dia.

Selanjutnya, Faridawaty juga  berharap ke depan, DPRD juga dapat memiliki andil besar sebagai penghubung antara BRIDA di daerah, dengan mitra-mitra riset potensial lainnya seperti Universitas dan Pemerintah Pusat. (YS)

 

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!