Abdul Razak Minta Semua Komponen Masyarakat Cegah Karhutla

 Abdul Razak Minta Semua Komponen Masyarakat Cegah Karhutla

FOTO: Wakil Ketua I DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Ir. H. Abdul Razak.

PALANGKA RAYA, Kaltengnews.co.id – Wakil Ketua I DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Ir.  H. Abdul Razak meminta kepada semua komponen masyarakat, supaya dapat meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di seluruh wilayah Kalimantan Tengah.

Menurut dia, meningkatnya kebakaran hutan dan lahan menjadi salah satu pekerjaan rumah (PR), tidak hanya dari pemerintah daerah, tapi juga berlaku bagi seluruh pihak, baik itu masyarakat pemilik lahan maupun pihak perusahaan perkebunan.

“Keadaan cuaca saat ini memang sedang kurang baik dan cukup memprihatinkan. Keadaan ini terjadi bukan hanya di Kalimantan Tengah saja, melainkan hampir di beberapa daerah di Indonesia. Dimana, kondisi cuaca saat ini berkabut sehingga sangat rentan memicu risiko terjadinya berbagai penyakit pernafasan, seperti Infeksi Saluran Pernafasan Akut atau ISPA,” ujar dia, baru-baru ini.

Razak juga mengingatkan keadaan cuaca yang buruk menjadi salah satu faktor meningkatnya polusi udara seperti yang terjadi pada tahun 2011, 2015 dan 2019 silam.  Untuk itu, ia berharap kepada seluruh pihak agar dapat bersama-sama melakukan upaya pencegahan guna meminimalisir risiko karhutla di seluruh wilayah Bumi Tambun Bungai ini. Hal penting lagi, yakni sosialisasi terhadap pencegahan karhutla juga perlu lebih ditingkatkan.

“Saya sangat mengharapkan upaya pencegahan tidak hanya dilakukan oleh pemerintah, TNI/Polri, tapi juga dari masyarakat untuk turut serta membantu dalam upaya mencegah terjadinya karhutla di wilayah Kalimantan Tengah,” tandasnya.

Wartawan: Maria
Editor: Yundhy Satrya

Yundhy Satrya ^ Kaltengnews.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!